Terkini

AIIOC Inisiasi Pameran Seni Urban, Kenalkan Kampung Plampitan ke Kancah Internasional

120
×

AIIOC Inisiasi Pameran Seni Urban, Kenalkan Kampung Plampitan ke Kancah Internasional

Sebarkan artikel ini
Kampung Plampitan

Sebagai seorang akademisi, Aarti telah bekerja bersama pengrajin kriya di berbagai belahan dunia.

“Kami juga mengundang Aarti untuk menemani proses berkarya dan menjadi kurator bagi pameran Ritus Liyan,” kata Bintang.

banner 300600

Dalam pameran Ritus Liyan, karya-karya seniman ditempatkan di berbagai ruang yang tersebar di Kampung Plampitan. Sebagian seniman mencoba mengaktivasi ruang publik dan ruang terbengkalai di kampung tersebut.

Ruang tamu di rumah Pahlawan Nasional Cak Roeslan Abdulgani, salah satu cagar budaya sejarah di Surabaya. (Foto Istimewa Mwd for Beritbangsa.id).

“Kami memanfaatkan dua tapak rumah yang terbengkalai sebagai ruangan pamer, kami berharap ruang-ruang ini bisa terus dimanfaatkan warga setelah pameran berakhir,” kata Advan Beryl dari kantor arsitek SB301 yang menjadi penata ruangan pamer.

Selama periode pameran, seniman dan penyelenggara menyiapkan berbagai program publik yang melibatkan warga Kampung Plampitan, antara lain lokakarya pembuatan plang, membatik, rujakan, makan penyetan lele, hingga mblakrak di sepanjang Kali Mas yang tepat melintas di depan Kampung Plampitan.

Pameran ini diinisiasi oleh Airlangga Institute of Indian Ocean Crossroads (AIIOC) dan menjadi rangkaian kegiatan dari International Convention of Asian Scholars (ICAS) 13 yang akan diselenggarakan di Surabaya pada 28 Juli-1 Agustus 2024.

Kegiatan ini sekaligus juga menjadi kado Dies Natalis Universitas Airlangga yang ke-70/ Lustrum XIV tahun 2024.

Berbagai karya dalam pameran Ritus Liyan / Mundane Rites mengangkat narasi sehari-hari yang dapat ditemukan di Kampung Plampitan.

Setiap seniman mengangkat kisah-kisah kecil yang selama ini dianggap sebagai sesuatu yang biasa dan cenderung diabaikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *