Terkini

Kiat Sehat Ala Hardjo Miskan Jemaah Haji Tertua di Jawa Timur

42
×

Kiat Sehat Ala Hardjo Miskan Jemaah Haji Tertua di Jawa Timur

Sebarkan artikel ini
Hardjo Miskan,
Hardjo Miskan, Jemaah haji tertua asal Ponorogo, Jawa Timur

BERITABANGSA.ID, SURABAYA – Hardjo Miskan, veteran dari sipil yang usianya telah lanjut, tahun ini berangkat ke tanah suci pada usia 109 tahun.

Miskan, sapaan akrabnya menjadi jemaah haji tertua dari Embarkasi Surabaya tahun ini. Kakek kelahiran 2 Juli 1914 ini tergabung dengan kloter 19 asal Kabupaten Ponorogo.

Scroll untuk melihat berita

Uniknya, Miskan mendaftar haji pada usia yang terbilang sudah sangat lanjut yakni pada 104 tahun saat 2019. Ia baru tergerak hatinya untuk mendaftar haji ketika ia melaksanakan ibadah umroh tahun 2017.

“Saat itu 2017, saya pertama kali melihat Ka’bah ketika umroh ,” kenangnya.

Ia merasa begitu takjub dan hatinya bergetar melihat secara langsung rumah Allah di kota suci Makkah. “Ketika saya sampai di rumah sepulang umroh, saya mantapkan niat untuk mendaftar haji,” tuturnya.

Keinginan itu segera ia sampaikan kepada anaknya. Bersama anaknya, Miskan mendaftar haji di Kantor Kemenag Kabupaten Ponorogo.

Ia begitu bersyukur setelah 5 tahun mendaftar iapun mendapat panggilan untuk berangkat ke tanah suci tahun ini bersama anakny yang bernama Sirmad, menantu, dan besannya.

Untuk mempersiapkan stamina fisiknya, Miskan mempunyai beberapa kiat, yakni setiap hari ia rajin berolahraga jalan kaki untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar dan menjaga pola makan.

“Ya setiap pagi jalan kaki dari rumah sampai depan jalan kemudian balik lagi. Supaya sehat,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *