Terkini

Parlemen Lumajang Ini Dampingi Pemulangan Jenasah PMI

836
×

Parlemen Lumajang Ini Dampingi Pemulangan Jenasah PMI

Sebarkan artikel ini
Parlemen Lumajang
Suasana di rumah duka saat pemulangan jenasah

BERITABANGSA.ID, LUMAJANG – Amin, parlemen DPRD Lumajang, asal Kecamatan Pasrujambe, mendampingi pemulangan jenasah seorang pekerja migran Indonesia (PMI).

Wakil rakyat dari Fraksi Gerindra ini, mengawal proses pemulangan PMI dari negeri Malaysia ke Indonesia.

Scroll untuk melihat berita

“Jika ada hambatan, kami yang maju. Kami pun sudah berkoordinasi dengan Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Kabupaten Lumajang untuk melancarkan pemulangan itu, apalagi masuk di lingkup daerah pemilihan (Dapil) saya,” kata Amin, Selasa (16/4/2024).

Ketua DPC SBMI Kabupaten Lumajang, Madiono, menjelaskan sepekan pasca hari Raya Idul Fitri 1445 H, pihaknya memulangkan jenazah pahlawan devisa negara dari Malaysia.

“Kami awalnya mendapat aduan pada tanggal 14 April 2024, dari Fauzan (anaknya PMI), kalau bapaknya yang bernama Sumu/Sumo meninggal dunia di Malaysia karena sakit komplikasi,” ungkap Madiono.

Anak dari almarhum mengadu kalau keluarganya membutuhkan bantuan mobil ambulan gratis dari Bandara Juanda ke rumah duka. Sedangkan untuk biaya dari Malaysia sudah ditanggung pihak keluarga.

“Saya langsung kontak Kepala Desa (Kades) Pasrujambe, Sugianto, untuk membuatkan dokumen dan surat-surat yang diperlukan sebagai syarat meminta bantuan kepada UPT P2TK Disnaker Propinsi Jawa Timur,” ujarnya.

“Fasiltas pemulangan dari bandara Juanda ke rumah duka dibantu gratis,” imbuh Madiono.

Turut menyambut pemulangan jenasah PMI, antara lain, Sekretaris Desa (Sekdes), Babinsa, Anggota DPRD, Amin dan Bakesbangpol Kabupaten Lumajang.

“Almarhum Pak Sumo alias Sumu kelahiran 1959, warga Desa Jambekumbu Kecamatan Pasrujambe, setelah bercerai dengan istri pertamanya bekerja ke Malaysia tahun 1990an. Meninggalkan mantan istri dan kedua anaknya,” beber Fauzan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *