Terkini

Khofifah: Pendamping PKH, TKSK dan Tagana Kunci Pengentasan Kemiskinan di Jatim

809
×

Khofifah: Pendamping PKH, TKSK dan Tagana Kunci Pengentasan Kemiskinan di Jatim

Sebarkan artikel ini
PKH

BERITABANGSA.ID, SURABAYA – Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa memberi taushiyah dalam acara rapat sinergitas pilar sosial Jawa Timur di Gedung Sasana Wiyata Praja, BPSDM Provinsi Jatim, Kamis (4/4/2024).

Acara ini dihadiri para pendamping PKH, TKSK, dan juga Tagana.

Scroll untuk melihat berita

Dalam tausiyahnya, Khofifah menekankan para punggawa Jatim Social Care ini merupakan kunci dari program pengentasan kemiskinan di Jawa Timur.

“Berdasarkan Musrenbang Pemprov Jatim, salah satu fokus pembangunan Jatim 2025 adalah pengentasan kemiskinan. Kita tahu kemiskinan ekstrem Jatim sudah mendekati nol, sedangkan kemiskinan secara kumulatif masih harus diturunkan lebih signifikan,” kata Khofifah.

“Oleh sebab itu, masa depan Jatim sangat bergantung pada profesionalisme kinerja dari kawan-kawan Jatim Sosial Care yaitu mulai dari Pendamping PKH, TKSK dan juga Tagana,” imbuhnya.

Wanita yang pernah menjabat sebagai Menteri Sosial dan Menteri Pemberdayaan Perempuan ini mengaskan bahwa kemiskinan bisa disebabkan oleh banyak faktor.

Mulai dari kondisi ekonomi hingga karena bencana. Sebab berdasarkan penelitian, bencana alam yang terjadi bisa berdampak pada kemiskinan sampai 80 persen.

Oleh sebab itu seluruh jajaran pilar sosial ini menjadi elemen penting dalam mengupayakan pengentasan kemiskinan di Jatim.

“Menyelesaikan masalah penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) tidak bisa dilakukan oleh institusional pemerintah saja, di level manapun. Tidak bisa hanya pemprov saja, atau pemkab pemkot saja. Melainkan harus bersinergi dan berkolaborasi, dengan semua elemen,” tegas Khofifah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *