Pemerintahan

Ketua DPD RI Tawarkan Gagasan Anggota DPR RI Diisi Non-Partai

935
×

Ketua DPD RI Tawarkan Gagasan Anggota DPR RI Diisi Non-Partai

Sebarkan artikel ini

BERITABANGSA.ID, SURABAYA – Wacana mendorong lahirnya anggota DPR RI dari unsur non partai politik atau jalur independen menguat.

Gagasan itu dimaksudkan untuk merespon wacana penguatan fungsi legislasi, sekaligus menyempurnakan dan memperkuat sistem bernegara sesuai cita-cita para pendiri bangsa.

Scroll untuk melihat berita

Hal itu seiring menguatnya keinginan agar bangsa ini kembali kepada UUD 1945 naskah asli.

Karena itu perlu terobosan dalam rangka memperkuat kedaulatan rakyat di Indonesia.

Ketua DPD RI, AA La Nyalla Mahmud Mattalitti, menyampaikan hal itu saat menjalani ujian kualifikasi disertasi program doktoral hukum dan pembangunan di Universitas Airlangga dengan tema ‘Pemilihan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia dari Unsur Non Partai Politik (Independen)’ di Kampus B Universitas Airlangga, Kamis (28/3/2024).

Didampingi pembimbing akademiknya, LaNyalla diuji oleh tim penguji, di antaranya Prof Dr Muhammad Nafik Hadi Ryandono, Prof Dr Suparto Wijoyo, Prof Dr Mas Rahmah, Prof Dr Rudi Purwono, Dr Radian Salman, Dr Sri Winarsi, dan Dr Sukardi.

Ketua DPD RI menyebut penelitiannya berangkat dari implementasi prinsip kedaulatan rakyat, sebagaimana diatur dalam pasal 1 ayat 2 UUD 1945, di mana disebutkan jika prinsip kedaulatan salah satunya diterapkan dalam bentuk kedaulatan perwakilan untuk memilih perwakilan-perwakilan rakyat melalui proses Pemilu.

“Selain itu, pengisian lembaga perwakilan merupakan refleksi dari
prinsip demokrasi yang berarti rakyat berkuasa (government of rule by the people). Dengan kata lain, secara spesifik hal itu adalah demokrasi perwakilan,” papar LaNyalla.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *