Pendidikan

Untag Surabaya Gelar Wisuda ke-128, Rektor Dorong Lulusan Berkontribusi Nyata Bagi Masyarakat

583
×

Untag Surabaya Gelar Wisuda ke-128, Rektor Dorong Lulusan Berkontribusi Nyata Bagi Masyarakat

Sebarkan artikel ini
Untag Surabaya
Ribuan Wisudawan Untag Surabaya saat Prosesi Wisuda pada Sabtu (2/3/2024)

BERITABANGSA.ID, SURABAYA – Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (Untag Surabaya) menggelar wisuda ke-128, Sabtu (2/3/2024).

Sebanyak 1.209 wisudawan dari berbagai program studi dikukuhkan kelulusannya.

Scroll untuk melihat berita

Rektor Untag Surabaya, Prof Dr Mulyanto Nugroho, menyampaikan rasa bangganya kepada para wisudawan yang telah menyelesaikan studi mereka.

Ia berpesan agar para wisudawan tidak berhenti belajar dan terus mengembangkan diri.

“Lulusan Untag Surabaya harus menjadi agen perubahan dan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat. Jadilah pribadi yang profesional, berintegritas, dan memiliki jiwa sosial yang tinggi,” ujar Profesor Mulyanto.

Mulyanto juga menekankan pentingnya soft skills bagi para wisudawan dalam menghadapi dunia kerja yang semakin kompetitif.

“Selain hard skills, soft skills seperti komunikasi, kerja sama, dan problem solving juga menjadi kunci kesuksesan di dunia kerja,” imbuhnya.

Pada kesempatan ini, Untag Surabaya juga memberikan penghargaan kepada wisudawan terbaik dari setiap program studi. Termasuk alm Rendy Dwi Hermawan yang diwakili oleh ibundanya.

Mulyanto Nugroho mengatakan Untag Surabaya memiliki komitmen dalam meningkatkan kualitas lulusan. Upaya tersebut telah diwujudkan dengan kontribusi serapan alumni pada 2023 ke industri mencapai 95 persen.

Berdasarkan data Tracer Study Untag Surabaya pada 2023, ada sebanyak 2.370 lulusan. Sekitar 95,6 persen lulusan sudah langsung bekerja setelah lulus.

Dengan data tersebut, sekitar 54,9 persen lulusan bekerja sesuai dengan program studi (prodi) yang dipilih.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengatakan bahwa banyak capaian yang diraih Untag Surabaya pada awal tahun 2024, di antaranya akreditasi Unggul untuk tiga prodi, yaitu Prodi Arsitektur, Administrasi Negara, dan Administrasi Niaga. Hingga saat ini ada sembilan prodi S1 yang terakreditasi Unggul.

Selain itu, lanjut dia, tahun ini Untag Surabaya juga bersiap menapaki persaingan di kancah internasional dengan melakukan sertifikasi ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA) yang merupakan sertifikasi tingkat ASEAN.

Wisuda ke-128 Untag Surabaya ini dihadiri oleh berbagai tamu undangan, di antaranya perwakilan dari LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur, Forkopimda Jawa Timur, dan para mitra Untag Surabaya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *