Publik Service

Akibat Curah Hujan Sangat Tinggi, Jalur Rajekwesi Kalipare – Donomulyo Malang Longsor

920
×

Akibat Curah Hujan Sangat Tinggi, Jalur Rajekwesi Kalipare – Donomulyo Malang Longsor

Sebarkan artikel ini
curah hujan Rajekwesi
Bupati Malang H.M Sanusi didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga saat meninjau lokasi longsor di Rajekwesi Desa Tumpakrejo Kecamatan Kalipare

BERITABANGSA.ID, MALANG – Tingginya intensitas curah hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Malang mengakibatkan terjadinya longsor di beberapa tempat, yang salah satunya di Rajekwesi Desa Tumpakrejo Kecamatan Kalipare yang hampir separuh jalan longsor pada Senin (26/2/2024) pagi.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga Kabupaten Malang, Khairul Isnaidi Kusuma, pihaknya gerak cepat dan turun ke lapangan dan berkoordinasi dengan instansi lainnya seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah, TNI dan Polri.

Scroll untuk melihat berita

“Ini longsor yang kedua kalinya terjadi di Rajekwesi, kami dari Dinas PUBM gerak cepat turun kelapangan bersama instansi lainnya, seperti BPBD, TNI dan Polri usai terjadinya tanah longsor,” kata Khairul Isnaidi Kusuma, Rabu (28/2/2024).

Khairul menambahkan, dalam peninjauan di lokasi lokasi, pihaknya bersama instansi terkait melakukan identifikasi dan assessment cepat dengan penanganan pemulihan akses.

“Kami bersama instansi terkait di lokasi longsor melakukan identifikasi dan assessment untuk pemulihan akses dengan cepat dan segera ditangani semuanya,” terang Oong panggilan akrab Khairul Isnaidi Kusuma.

Saat ini tim telah bekerja sejak kemarin, dengan melakukan pembersihan sisa longsor, pasang rambu tanda adanya longsor dan memasang terpal agar longsor tidak semakin melebar saat terjadi hujan.

“Jadi kami bersama tim dari BPBD, TNI dan Polri serta teman dari UPT PUBM, sejak Senin (26/2) sudah bekerja membersihkan lokasi akibat longsor, memasang rambu lalulintas sementara untuk memberitahukan pada warga masyarakat yang melintas area tersebut untuk berhati-hati dan memasang terpal, agar tidak terjadi longsor susulan saat hujan,” beber Oong.

Bahkan, lanjut Oong, Bupati yang baru pulang dari kunjungan kerja di Jakarta langsung memberikan perhatian khusus terkait bencana longsor di Rajekwesi, Desa Tumpakrejo, Kalipare, serta turun melakukan peninjauan.

“Bapak Bupati Malang usai kunker di Jakarta, keesokan harinya Senin (27/2) memberikan perhatian sangat penting perihal bencana longsor di Rajekwesi ini. Begitu penting akses Kalipare- Donomulyo ini karena merupakan jalur perekonomian dan wisata di koridor barat. Dan memang tahun kemarin dan tahun ini masih diperjuangkan untuk mendapatkan dana Inpres Jalan Daerah (IJD),” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *