Pemilu

Prabowo-Gibran Menang 65% di Jatim Karena Khofifah Effect

1385
×

Prabowo-Gibran Menang 65% di Jatim Karena Khofifah Effect

Sebarkan artikel ini
Prabowo-Gibran
Khofifah saat menyambut hasil quick qount yang dimenangkan Prabowo Gibran di Jatim, tembus 65 persen

BERITABANGSA.ID, SURABAYA – Data terbaru hasil perhitungan lembaga survei sementara, paslon 02 Prabowo-Gibran di Jatim bisa raih satu putaran.

Lembaga survei Indikator semisal, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar: 17,23%, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka: 65,12%, Ganjar Pranowo-Mahfud Md: 17,65% dengan Suara masuk: 95,77%.

Scroll untuk melihat berita

Sedangkan LSI Denny JA: Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar: 17,58%, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka: 64,93%, Ganjar Pranowo-Mahfud Md: 17,49% dengan Suara masuk: 95,79%

Kondisi itu tak bisa dipungkiri akibat Khofifah effect, berpengaruh signifikan dukungan masyarakat Jawa Timur pada Prabowo-Gibran.

Pengamat politik Unair, Fahrul Muzakki, mengakui faktor Khofifah Effect terbukti nyata.

“Saat ini, Paslon 02 menang tebal di Jatim dengan 65% versi quick count. Persentase ini persis dengan dukungan Khofifah pada 5 tahun lalu kepada Jokowi. Saat itu Jokowi menang di Jatim 65,7%,” ujar Fahrul.

“Pada dasarnya masyarakat Jatim paham, secara de facto komandan kampanye Jatim adalah Khofifah Indar Parawansa. Hal ini terlihat dari trend electoral naik tajam sejumlah lembaga survei sejak Khofifah merapat di paslon 02, awal Januari hingga quick count,” ujarnya.

Kata dia, Khofifah effect melalui usaha dan kerja Khofifah ke akar rumput solid mengonsolidasikan jaringan kiai, muslimat NU, relawan dan masyarakat Jatim secara umum.

Di lain pihak, Khofifah, TKN Pragib, dan Jurkamnas ini mengatakan saat yang paling penting adalah menjaga kedamaian dan kerukunan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *