Pemilu

TPS RMB Lepas Merpati Tanda Pesta Demokrasi Dimulai

1399
×

TPS RMB Lepas Merpati Tanda Pesta Demokrasi Dimulai

Sebarkan artikel ini
TPS RMB
Suasana saat para DPT antri untuk menggunakan hak suaranya di TPS 33 dengan konsep Valentine

BERITABANGSA.ID, SURABAYA – Tempat Pemungutan Suara Rungkut Mapan Barat (TPS RMB), Surabaya memulai pemungutan suara Pemilu 2024 dengan melepaskan merpati sebagai simbol kebebasan dan perdamaian.

Sebelumnya, pihak KPPS melaksanakan seremonial dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan sumpah yang diikuti oleh para saksi dari masing-masing partai.

Scroll untuk melihat berita

Harijanto, Ketua RW 08 RMB, menjelaskan pelepasan merpati ini sebagai maksud dari sebuah kebebasan dan perdamaian bagi pemilih, khususnya warga RMB.

“Ini simbol kebebasan untuk memilih peserta pemilu, baik itu Capres dan Cawapres ataupun anggota dewan,” tutur Harjanto pada Beritabangsa.id.

Selain itu, kata Harjanto, merpati juga menyimbolkan perdamaian. Artinya apapun pilihannya dari masing-masing warga RMB, namun rasa damai dan persatuan sebagai warga negara Indonesia tetap dijaga.

“Apalagi hari ini bertepatan dengan valentine, maka ketika di dalam bilik suara, silakan pilih yang terbaik. Dan kita berharap kerukunan dan persatuan tetap terjaga,” jelasnya.

Menurut Harjanto, tema valentine yang diterapkan ini juga untuk menarik minat para pemilih pemula terutama generasi Z.

Pada kenyataannya, tema dan konsep TPS bernuansa Valentine ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pemilih.

Pemilu Valentine TPS RMB
Harjanto, Ketua RW 08 RMB (kanan) dan Sony saat wawancara

Petugas KPPS pun memakai seragam pink sebagai simbol dari valentine, ditambah dengan pemberian bunga kepada pemilih yang sudah menggunakan suaranya di Pemilu 2024 ini.

Natan (23), warga RT 10, menyampaikan, dengan nuansa valentine ini ia mengaku senang dan ada kesan tersendiri.

“Seru dan lebih berwarna serta berasa santai, jadi untuk generasi Z seperti saya sangat rileks,” ujarnya.

Ia berharap, pemimpin terbaiklah nanti yang bisa memimpin negara ini menuju yang lebih baik lagi.

Senada dengan Natan, Nyoman Wahyu Rusmariasih, warga RT 07, mengharapkan Pemilu kali ini berlangsung dengan damai dan penuh cinta kasih sesuai tema yang dikonsep oleh KPPS RMB.

Di samping itu, di TPS 32 masih di lokasi yang sama dengan konsep dan nuansa pantai turut memeriahkan pesta demokrasi tahun ini.

Seragam yang santai ini pun membuat para pemilih menjadi lebih fresh, sehingga apa yang menjadi harapan KPPS untuk menciptakan pemilu damai berjalan lancar dan kondusif.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *