Pemerintahan

ASN Kemenag Jombang Diminta Berperilaku Moderat Beragama

679
×

ASN Kemenag Jombang Diminta Berperilaku Moderat Beragama

Sebarkan artikel ini
ASN Moderat
Tampak Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Timur, Husnul Maram, saat diwawancarai awak media. Foto : Faiz

BERITABANGSA.ID, JOMBANG – Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kantor Kemenag Jombang mendapat pembinaan Kanwil Kemenag Jatim. Para ASN tersebut diminta berperilaku moderat.

Pembinaan ASN ini digelar di Aula Kemenag Jombang, Jumat (2/2/2024).

Tidak hanya ratusan ASN saja, para istri ASN yang tergabung dalam Darma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag Jombang juga mendapat pembinaan.

Kepala Kanwil Kemenag Jatim Husnul Maram menyampaikan, pembinaan ini para ASN dan istrinya diharap untuk berperilaku moderat beragama.

Sebab menurutnya, moderasi beragama merupakan cara warga Indonesia berperilaku sesuai ajaran agama.

“Apakah itu istrinya ASN atau ASN itu sendiri harus moderat. Salah satu ciri orang moderat yang pertama adalah komitmen kebangsaan. Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika itu harus diterima secara lahir batin. Jangan ada keraguan lagi akan itu,” ujarnya, Jumat (2/2/2024).

Ciri orang moderat selanjutnya, kata Husnul, adalah anti kekerasan. Ia meminta para ASN dan istrinya tak melakukan tindakan kekerasan, baik fisik atau kekerasan verbal dan seksualita.

Kemudian, sikap toleransi kepada sesama merupakan ciri ketiga moderasi beragama. Husnul juga meminta kepada jajarannya untuk saling menghormati atar sesama. Ciri moderasi beragama yang terakhir menurut Husnul adalah adaptif dengan budaya sekitar.

“Jangan sampai ada ASN kita atau istri-istri ASN kita yang sering kali mengolok-ngolok budaya sekitar. Kita harus adaptif dengan budaya sekitar. Ini tujuan dari kita melakukan pembinaan ASN,” pungkasnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *