Peristiwa

Rumah Warga Jember Tersambar Petir hingga Rusak Parah, Kerugian Ditaksir Capai Puluhan Juta

708
×

Rumah Warga Jember Tersambar Petir hingga Rusak Parah, Kerugian Ditaksir Capai Puluhan Juta

Sebarkan artikel ini
Rumah kena petir
Kondisi rumah Rema pasca disambar petir, Selasa (9/1/2024). (Foto: BPBD Jember for Beritabangsa.id)

BERITABANGSA.ID, JEMBER – Rumah warga bernama Rema, Dusun Semek, Desa/Kecamatan Sumberjambe, Kabupaten Jember, Jawa Timur, tersambar petir pada Selasa, 9 Januari 2024, sekira pukul 15.00 WIB.

Peristiwa tersebut bersamaan dengan hujan deras disertai angin kencang yang melanda sebagian wilayah setempat sejak sore tadi.

Scroll untuk melihat berita

Kapolsek Sumberjambe, AKP Setyono Budi, mengatakan akibat kejadian ini rumah Rema mengalami rusak berat, genteng dan atapnya jebol, kaca jendela rumah pecah berserakan, bahkan temboknya sampai retak.

Saat petir menyambar, Rema alias Bu Seh sedang berada di rumah seorang diri, sedangkan suami dan anaknya sedang berada di rumah tetangga.

Warga dan pihak terkait membersihkan puing-puing reruntuhan rumah Rema, Selasa (9/1/2024). (Foto: BPBD Jember for Beritabangsa.id)

“Beruntung tidak ada korban dalam kejadian ini. Penghuni rumah sekeluarga selamat, hanya saja trauma berat. Sementara kerugian ditaksir sekitar Rp25 juta,” ucap AKP Setyono.

Di sisi lain, Kepala Dinas Sosial Jember, Akhmad Helmi Luqman, mengatakan penanganan bencana alam tersebut melibatkan berbagai stakeholder mulai perangkat desa, sahabat Tagana, relawan bencana, hingga jajaran OPD lainnya.

“Korban dievakuasi ke Puskesmas terdekat. Soalnya trauma berat. Alhamdulillah tidak sampai luka. Tapi tetap butuh penanganan medis,” ucap Helmi.

Selanjutnya, Dinsos Jember melakukan asesmen di lokasi sekaligus mengirimkan bantuan kebutuhan keluarga korban mulai asbes, baju, kasur spon, selimut, sarung, paket Sembako, dan lainnya.

“Untuk perbaikan rumah korban, kami akan kolaborasi dan koordinasi dengan Dinas PU Cipta Karya. Bantuan juga dari BPBD Jember. Tidak menutup kemungkinan dari warga juga ada,” pungkas Helmi.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *