Terkini

Menambah Nilai Ekonomi Ikan Lele

985
×

Menambah Nilai Ekonomi Ikan Lele

Sebarkan artikel ini
Unmuh dan lele
Pelatihan membuat abon, kerupuk serta keripik kulit ikan lele dari mahasiswa Unmuh Jember. (Foto: Guntur Rahmatullah/ Beritabangsa.id)

BERITABANGSA.ID, JEMBER – Puluhan mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Jember program kerja Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) proyek kemanusiaan memberikan pelatihan membuat abon, kerupuk dan keripik kulit dari ikan lele kepada anggota PKK serta masyarakat Desa Plalangan Kecamatan Kalisat Jember, Selasa 09 Januari 2024.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian warga, dengan memanfaatkan potensi lokal.

banner 300600

Dosen Manajemen Unmuh Jember, Trias Setyowati menyampaikan dengan mengolah ikan lele menjadi produk turunan (abon dan kerupuk) maka akan meningkatkan nilai ekonomi yang bisa didapatkan masyarakat.

“Harganya bisa naik lagi dengan mengolah ikan lele menjadi produk turunan, dari pada masyarakat menjual ikannya langsung,” jelas Trias.

Sementara itu, Dosen Agribisnis Unmuh Jember Fefi Nurdiana Widjayanti menyampaikan, setelah pelatihan ini, masyarakat akan bentuk kelompok UMKM ‘Akale’ yang akan didampingi hingga mereka dapat melaksanakan usaha secara mandiri.

“Kami bentuk kelompok dulu, kemudian akan kami dampingi pembuatan dokumen usahanya, dalam hal ini NIB (Nomor Induk Berusaha), kami beri nama kelompok UMKM Akale atau Abon Ikan Lele, kemudian kita fasilitasi sertifikasi halal sehingga produknya berdaya saing tinggi, yang tentunya akan berdampak pada brand awareness dan harga jualnya bisa lebih naik,” ujar Fefi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *