Pemilu

KPU Jatim “Goes to Campus” Maksimalkan Pemilih Pemula dan Muda

123
×

KPU Jatim “Goes to Campus” Maksimalkan Pemilih Pemula dan Muda

Sebarkan artikel ini
KPU Goes to Kampus
Gogot Cahyo Baskoro KPU Jatim Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat di UNESA

BERITABANGSA.ID, SURABAYA – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) terus berupaya memaksimalkan partisipasi pemilih, utamanya pemilih pemula dan muda di Pemilu 2024.

Kali ini dengan strategi KPU Jatim Goes to Campus. Dalam sehari, dua perguruan tinggi disasar dengan sosialisasi pendidikan pemilih melalui Nobar film “Kejarlah Janji”, Selasa, 5 Desember 2023.

Scroll untuk melihat berita

Pertama, di Universitas Wijaya Kusuma (UWK) Surabaya pukul 09.00-15.00 WIB, selanjutnya di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) pukul 13.00-17.00 WIB.

Anggota KPU Jatim Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyaraka(DSP3M), Gogot Cahyo Baskoro, mengatakan rangkaian agenda ini sebagai bentuk sosialsiasi dan pendidikan pemilih yang sejatinya memiliki tiga tujuan.

“Pertama, kognitif memberitahu masyarakat pemilih pemula dan muda agar tahu dan paham soal Pemilu. Kedua, tujuan afektif untuk mempengaruhi sikap masyarakat agar setuju pelaksanaan Pemilu. Dan ketiga, psikomotorik agar ada aksi dari kawan-kawan sekalian mau datang ke TPS pada 14 Februari 2024 dan menggunakan hak pilihnya,” terang Gogot.

Terkait tujuan ketiga, pria kelahiran Magetan ini mengajak semua mahasiswa untuk berperan aktif dalam setiap tahapan Pemilu dengan menjadi bagian dari penyelenggara di tingkat tempat pemungutan suara (TPS), yaitu kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS).

“KPU akan mengumumkan pendaftaran anggota KPPS mulai 11 Desember 2023. Silakan kawan-kawan mahasiswa mendaftar, sebab hal itu juga sebagai wujud kontribusi positif anak muda bagi Pemilu,” kata Gogot.

Di UWK Surabaya, rangkaian acara dimulai dengan sosialiasi dan pendidikan pemilih.

Materi disajikan apik oleh para narasumber. Pertama, terkait pendidikan pemilih untuk Gen-Z oleh Umar Sholahuddin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *