Terkini

Di Hari Jadi ke-1263, Pemkab Malang Geber Kanjuruhan Culture Carnival

73
×

Di Hari Jadi ke-1263, Pemkab Malang Geber Kanjuruhan Culture Carnival

Sebarkan artikel ini
Culture Carnival
Salah penampilan kecamatan Singosari dengan berdirinya Kerajaan Singosari dengan tokohnya Ken Arok dan Ken Dedes

BERITABANGSA.ID, MALANG– Rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Malang (Harjakama) ke-1263 kali ini mempersembahkan “Kanjuruhan Culture Carnival” atau KCC yang diikuti 33 kecamatan, dan OPD Pemkab Malang.

Bupati Malang HM Sanusi mengatakan, KCC kali ini menampilkan seluruh potensi kebudayaan dan kesenian di Kabupaten Malang.

Scroll untuk melihat berita

“KCC ini bentuk tradisi budaya khas Kabupaten Malang, menampilkan semua potensi seni dab budaya Kabupaten Malang,” kata Bupati Malang, Sabtu (25/11/2023).

Di Harjakama ke-1263 kali ini, 33 kecamatan bisa menampilkan keunikan dan sejarah wilayah dengan para tokoh pejuangnya.

“Untuk kali pertama 33 kecamatan menampilkan keunikan atau khas daerahnya dengan menampilkan pejuang legendaris daerahnya,” jelas Sanusi.

Selain itu, di KCC ini Pemkab Malang mempromosikan batik Garudeya sebagai batik asli Kabupaten Malang.

“Hari ini kita gebyarkan promosi untuk pertama kalinya batik Garudeya batik nasional asli dari Kabupaten Malang,” terangnya.

Rencananya, Pemkab Malang akan mengajukan KCC menjadi agenda wisata dan event nasional.

“Nantinya KCC akan diajukan ke pusat untuk menjadi agenda wisata nasional dan masuk event nasional,” beber Bupati.

Bupati melihat, peserta yang ikut ambil bagian kegiatan KCC ini sudah mencerminkan kekhasan budaya Malang yang dicerminkan dengan penampilan tokoh legendarisnya.

“Kekhasan budaya yang ditampilkan KCC sudah tercermin dengan penampilan tokoh tokoh legendarisnya seperti Panji Pulang Jiwo, dari Ngantang ada Garudeya dari Candi Kidal cikal bakal lambang RI burung Garuda ada Roro Jonggrang dan Kareng Karengsong dari Ngantang,” tukasnya.

Pantauan media ini, tiap kecamatan semisal Singosari menampilkan sejarah Kerajaan Singosari dengan tokoh legendarisnya Ken Arok dan Ken Dedes.

Hadir di KCC kali ini, Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto, Ketua DPRD Darmadi, Pj Sekretaris Daerah Nurman Ramdansyah, OPD, Camat, ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Malang dan Muspika Kepanjen.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *