Advertorial

Cegah Kenakalan Remaja, Disdikbud Jombang Gandeng Polisi Sosialisasi ke Sekolah

53
×

Cegah Kenakalan Remaja, Disdikbud Jombang Gandeng Polisi Sosialisasi ke Sekolah

Sebarkan artikel ini
Kenakalan remaja
Tampak Kadisdikbud Jombang, Senen, saat memberikan sambutan di hadapan puluhan pelajar. Foto : Disdikbud Jombang for Beritabangsa.id

BERITABANGSA.ID – JOMBANG – Meningkatnya kenakalan remaja akhir-akhir ini membuat khawatir masyarakat. Para orang tua dan tenaga pendidik pun dibuat ketar-ketir. Pasalnya, kenakalan remaja sudah mengarah ke ranah kriminal.

Untuk mencegah hal itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang mengambil langkah konkret untuk mencegah timbulnya kenakalan remaja di lingkungan sekolah.

Scroll untuk melihat berita

Kadisdikbud Kabupaten Jombang, Senen mengatakan, pihak Disdikbud melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah, terutama SMP. Dan tentunya dengan menggandeng Polri.

“Kami datang bersama Kapolsek Jombang AKP Soesilo guna melakukan sosialisasi tentang pencegahan kenakalan remaja di SMPN 3 Jombang,” katanya, Jumat, 3 November 2023.

Senen menjelaskan, hal tersebut supaya para siswa maupun guru dapat mengetahui upaya pencegahan kekerasan dan perundungan maupun bullying. Pada tahun ini telah marak tejadi kasus perundungan di satuan pendidikan di Kabupaten Jombang.

“Hadirnya di sekolah SMPN 3 Jombang itu diharapkan permasalahan anak-anak atau kenalan remaja menjadi tanggung jawab bersama,” jelasnya.

Senen menegaskan, para guru maupun wali murid juga harus mengatasi permasalah tersebut. Pihak kepolisian juga melakukan pembinaan dengan menerangkan bermacam-macam kenakalan remaja. Seperti bullying, tindak kekerasan, tawuran, dan pelecehan seksual.

“Juga minuman keras dan geng motor yang pernah ditangani oleh pihak kepolisian,” tegasnya.

Senen juga mengungkapkan, bahwa sebelumnya pihaknya bersama stakeholder masyarakat sudah sepakat mengatasi masalah bullying yang disengaja maupun tidak disengaja.

“Jadi, di lingkungan sekolah peran bapak dan ibu guru sangat penting untuk pendidikan bagi para siswa-siswi,” pungkasnya.

Perlu diketahui sebelumnya, Disdikbud Jombang bersama para guru dari PGRI Jombang, Ikatan Guru Indonesia (IGI) Jombang, Pergunu (Persatuan Guru Nahdlatul Ulama Kabupaten Jombang, Dewan Pendidikan Kabupaten Jombang telah membahas permasalahan kenakalan remaja.

Selain itu, juga ikut serta dari WCC (Woman Crisis Center), Dinas Kesehatan, Dinas PPKBP3A, serta Unit PPA Polres Jombang. Hasilnya akan segera ditindaklanjuti baik dalam bentuk regulasi maupun Peraturan Bupati (Perbup) atau cukup dengan surat keputusan dari Disdikbub Kabupaten Jombang. (Adv).

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *