Advertorial

Tekan Kasus Stunting, Warga Sidoarjo Terima Bantuan Daging dan Telur Ayam

516
×

Tekan Kasus Stunting, Warga Sidoarjo Terima Bantuan Daging dan Telur Ayam

Sebarkan artikel ini
Bantuan daging dan telor
Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor Ali saat membagikan bantuan daging ke warga Desa Klurak Kecamatan Candi

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo, Eni Rustianingsih mengatakan bantuan ini difokuskan pada Keluarga Rawan Stunting (KRS) di Kabupaten Sidoarjo.

“Penyaluran Bantuan Bahan Pangan ini dilakukan sebanyak 2 tahap, tahap pertama berlangsung di bulan Juni, Juli dan Agustus 2023 dengan jumlah total 5.918 KK dalam kategori Keluarga Rawan Stunting (KRS) di Kabupaten Sidoarjo. Dan tahap kedua berlangsung pada bulan September, Oktober dan November 2023 dengan total KRS 14.381 KK di Kabupaten Sidoarjo,” jelasnya.Kasus Stunting

Scroll untuk melihat berita

Dari data Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo, angka stunting mengalami penurunan di 2023 berdasarkan bulan timbang. Di bulan Februari 2023 angka stunting di Sidoarjo mencapai 5,8 persen dan pada Agustus 2023 angka stunting mengalami penurunan menjadi 3,4 persen.

“Ini tidak lepas dari peran aktif pemerintah daerah untuk pencegahan stunting, selain pemberian tablet tambah darah, gencarkan sosialisasi ASI ekslusif, dan bebas ODF yang dilakukan dinkes, kami (Pemkab Sidoarjo) juga fokus 29 desa yang menjadi lokus (lokasi khusus) penanganan stunting,” ucap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo, Fenny Apridawati.

Fenny juga menambahkan, langkah konkret kerjasama dengan stakeholder ini diharapkan dapat berdampak pada penurunan angka stunting di Kabupaten Sidoarjo.

“Kalau kami lihat grafiknya stunting ini terus menunjukkan penurunan, dari tahun ke tahun,” pungkasnya.

29 desa di 10 kecamatan yang menjadi lokasi khusus penanganan stunting yakni desa Waru, Janti, Kedungrejo, Seruni, Semambung, Ketajen, Punggul, Prasung, Entalsewu, Pagerwojo, Dukuhtengah, Kemiri, Klurak, Balongdowo, Durungbedug, Jambangan, Kebonsari, Sugihwaras, Karangtanjung, Kemantren, Kebonagung, Tambakrejo, Gamping, Krian, Tropodo, Semambung, Sawocangkring, Tanggul dan Wonoayu. (adv).

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *