Publik Service

SPAM Sumber Dieng Jadi Rujukan Perumda Tirta Kanjuruhan

200
×

SPAM Sumber Dieng Jadi Rujukan Perumda Tirta Kanjuruhan

Sebarkan artikel ini
SPAM
Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dari Sumber Dieng Desa Sukorejo Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang

BERITABANGSA.ID – MALANG – Perumda Tirta Kanjuruhan Malang terus memaksimalkan keberadaan sistem penyediaan air minum (SPAM) yang salah satunya SPAM Sumber Dieng.

SPAM Sumber Dieng berlokasi di Desa Sukorejo Kecamatan Gondanglegi. Saat ini debit air yang dimanfaatkan 100 liter per detik untuk melayani pelanggan di wilayah Kepanjen dan Gondanglegi sejumlah 2.934 sambungan rumah (SR).

Scroll untuk melihat berita

Kepala Bagian Umum Perumda Tirta Kanjuruhan, Wahjoe Darmawan mengatakan, melalui program bantuan pembangunan SPAM Sumber Dieng yang berasal dari kerjasama Green Infrastructure Initiative (GII) / Prakarsa Infrastruktur Hijau Indonesia dengan Jerman melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Indonesia, SPAM Sumber Dieng akan dikembangkan melalui peningkatan debit hingga 240 liter per detik.

“Rencana pengembangan SPAM Sumber Dieng tersebut, akan diusulkan pada tahun 2023 ini, agar dapat melayani masyarakat di 4 (empat) Kecamatan dengan potensi pelanggan sekitar 30.000 SR, sehingga akan mendukung percepatan dan perluasan, pelayanan air bersih bagi masyarakat di wilayah Malang Selatan,” kata Wahjoe, Kamis (9/11/2023).SPAM

Secara bertahap warga masyarakat di 6 kecamatan yang mengalami krisis air bersih, yaitu Donomulyo, Bantur, Pagak, Kalipare, Sumbermanjing Wetan dan Gedangan akan dapat dilayani SPAM melalui bantuan APBN dan APBD.

“Nantinya 6 wilayah yang berada di kawasan Malang selatan tersebut secara bertahap akan dilayani oleh SPAM Sumber Dieng dengan bantuan anggaran dari APBD dan APBN,” terangnya.

Wahjoe menambahkan, selain pembangunan Sumber Dieng, Perumda Tirta Kanjuruhan telah menyelesaikan pembangunan SPAM Kaligoro tahap 1, dan saat ini sedang dalam proses persiapan SPAM Kaligoro tahap 2 di Kecamatan Sumbermanjing Wetan.

“Selain rencana pembangunan SPAM Sumber Dieng, kami telah menyelesaikan pembangunan SPAM Kaligoro tahap pertama, dan saat ini sedang dalam proses persiapan SPAM Kaligoro tahap dua,” beber Wahjoe.

Perumda Tirta Kanjuruhan pada 2023 ini, kembali akan mendapatkan kesempatan untuk dapat mengembangkan SPAM yang diproyeksikan dapat memberikan layanan air bersih di 4 kecamatan.

“Dari empat kecamatan meliputi Kecamatan Pagak, Bantur, Kalipare, dan Donomulyo, melalui pengembangan SPAM i Sumber Dieng,” pungkas Wahjoe.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *