Humanity

Berseragam Putih dan Atribut Palestina, Ribuan Warga Jombang Gelar Istighosah dan Doa Bersama

71
×

Berseragam Putih dan Atribut Palestina, Ribuan Warga Jombang Gelar Istighosah dan Doa Bersama

Sebarkan artikel ini
Doa bersama
Tampak warga Jombang saat gelar aksi solidaritas untuk Palestina pada Rabu (25/10/2023) sore. Foto : Faiz Beritabangsa.id

BERITABANGSA.ID, JOMBANG – Ribuan warga Jombang, dari berbagai lintas agama menggelar doa bersama untuk kedamaian dan kemerdekaan rakyat Palestina. Dengan mengenakan busana putih serta atribut bendera Palestina, warga Jombang melakukan istighosah dan doa bersama bagi korban perang Palestina dan Israel.

Tak hanya menggelar istighosah dan doa bersama, warga Jombang dari berbagai lintas agama itu, juga menggalang donasi yang akan disalurkan melalui Basnaz untuk disumbangkan ke Palestina. Sontak, kegiatan ini mendapat antusias dari masyarakat di Jombang yang peduli terhadap nasib rakyat Palestina yang kini, sedang diperangi oleh Israel.

Scroll untuk melihat berita

“Ini saya bersama teman-teman santri mengikuti doa bersama dan aksi solidaritas untuk Palestina,” ujar Arif Zainuddin Rofiqi (18) salah satu santri yang mengikuti kegiatan tersebut pada Rabu (25/10/2023) sore.

Ia mengaku sengaja mengikuti kegiatan tersebut, lantaran ingin membantu dan menghormati perjuangan rakyat Palestina dalam memperoleh kemerdekaan.

“Kita istighosah bersama dan membaca salawat, agar Palestina segera merdeka dari penjajahan Israel. Dan Allah menjadikan orang-orang yang meninggal di sana menjadi suhada’,” katanya.

Sementara itu, koordinator aliansi masyarakat Jombang peduli Palestina, Zulfikar Dhamam Ikhwanto menjelaskan bila kegiatan doa bersama untuk kedamaian dan kemerdekaan rakyat Palestina mendapat sambutan yang positif dari warga Jombang.

Hal ini terlihat dari jumlah peserta yang mengikuti kegiatan tersebut, yang diperkirakan jumlahnya mencapai 5000 orang yang hadir, dari berbagai latar belakang agama.

“Kita melakukan salat ghaib kepada para korban, kita doakan bersama di sini, dengan bacaan tahlil juga dibaca bersama-sama,” tuturnya.

Tak hanya itu, pihaknya mengaku kegiatan tersebut juga diisi dengan orasi kemanusiaan, yang mengecam tindakan kekerasan yang dilakukan Israel terhadap anak-anak dan perempuan, serta penduduk sipil yang ada di Palestina.

“Setelah itu kemudian kita lakukan orasi kemanusiaan, lalu kemudian pembacaan sikap, dan ditutup dengan doa dari para ulama dan kiai di Jombang,” kata Zulfikar.

Ia pun menjelaskan, dari aksi solidaritas tersebut, pihaknya juga melakukan penggalangan dana yang nantinya akan disalurkan ke Palestina melalui Basnaz.

“Donasi dijadikan satu di Baznas Jombang, sudah terkumpul 225 juta sekian yang nanti pihak Baznas akan menyalurkan secara resmi kepada official Palestina,” pungkasnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *