Peristiwa

Diduga Korsleting Listrik, Gudang Sinar Jaya Listrik Jember Hangus Terbakar

97
×

Diduga Korsleting Listrik, Gudang Sinar Jaya Listrik Jember Hangus Terbakar

Sebarkan artikel ini
Gudang terbakar
Kondisi gudang Sinar Jaya Listrik saat terbakar. (Foto: Istimewa)

BERITABANGSA.ID – JEMBER – Gudang Sinar Jaya Listrik di Jalan Kenanga, Kelurahan Jember Kidul, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur, hangus terbakar pada Selasa, 10 Oktober 2023.

Komandan regu (Danru) B Damkar dan Penyelamatan Mako Pemkab Jember, Dwi Atmoko, menduga insiden yang terjadi sekitar pukul 12.30 WIB tersebut disebabkan oleh adanya korsleting listrik.

Scroll untuk melihat berita

“Ada tiga mobil pemadam kebakaran dengan 17 personel yang diterjunkan ke lokasi untuk melakukan pemadaman. Dibantu relawan, pegawai Pertamina dan warga,” ucap Dwi Atmoko.

Selama proses pemadaman api, kata Dwi Atmoko, petugas sempat mengalami kesulitan, mengingat banyak barang-barang yang mudah terbakar.

Kondisi itu diperparah oleh lokasi kebakaran yang cukup jauh dari sumber air, sehingga petugas harus bolak-balik mengambil air hingga tiga kali untuk memadamkan api.

Akibatnya, api berlahan merambat ke bangunan yang berada di sebelah kebakaran dan melalap salah satu Ruko kosong milik warga setempat.

Beruntung terdapat SPBU yang cukup dekat dengan lokasi kebakaran, sehingga petugas memanfaatkan kolam air dan pipa hydrant di SPBU tersebut untuk proses pemadaman.

“Tidak ada korban dalam peristiwa ini. Namun pemilik Ruko mengalami kerugian yang cukup besar karena banyak barang yang gak bisa diselamatkan. Kerugian belum bisa ditaksir,” ujar Dwi Atmoko.

Data dihimpun, percikan api kali pertama dilihat oleh warga sekitar pukul 12.30 WIB, tepatnya di tumpukan kardus bagian tengah gudang lantai bawah, tidak lama kemudian membesar hingga lantas atas.

Saat itu kondisi gudang sedang tertutup, sedangkan karyawan Gudang Sinar Jaya Listrik sedang keluar untuk beristirahat makan siang.

Warga pun langsung melaporkan adanya kebakaran tersebut kepada karyawan, kemudian mereka bergegas menuju lokasi untuk melakukan pemadaman menggunakan peralatan seadanya dengan dibantu warga.

Sekitar pukul 13.56 WIB, petugas Damkar Pemkab Jember tiba di lokasi dan langsung melakukan pemadaman bersama warga, hingga api berhasil dipadamkan sekitar empat jam kemudian.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *