Terkini

Karnaval Mobil Hias Jember Jadi Penutup Semarak HUT ke 78 RI

592
×

Karnaval Mobil Hias Jember Jadi Penutup Semarak HUT ke 78 RI

Sebarkan artikel ini
Mobil Hias
Mobil hias Kecamatan Puger nomor urut 29B menampilkan sejarah Sadeng yang dibacakan oleh seorang narator.

BERITABANGSA.ID – JEMBER – Karnaval mobil hias menjadi penutup rangkaian kegiatan semarak HUT ke 78 Republik Indonesia di Kabupaten Jember, Jumat 29 September 2023. Karnaval ini diikuti 95 mobil hias dari berbagai instansi, baik pemerintah maupun swasta.

Dilepas oleh Sekda Kabupaten Jember, Hadi Sasmito, puluhan mobil hias melantai di sepanjang jalanan utama Jember, mulai depan Kantor Uji KIR hingga Alun-alun Jember.

Scroll untuk melihat berita

“Hari ini merupakan penutup rangkaian kegiatan dalam rangka menyemarakkan HUT ke 78 Republik Indonesia, di samping itu karnaval mobil hias ini kami didukung Kantor Bea Cukai Jember. Karnaval mobil hias hari ini mengusung tema besar ‘Kemajuan Jember Hari Ini’,” ujar Sekda Hadi Sasmito dalam sambutannya.

Seluruh mobil hias menampilkan beragam potensi yang dimiliki Kabupaten Jember. Seperti mobil hias Kecamatan Mumbulsari menampilkan replika domba raksasa, yang mana Kecamatan Mumbulsari merupakan daerah dengan potensi peternakan domba.

Sedangkan Kecamatan Puger menampilkan Sadeng, sebuah nama daerah bagian dari Kerajaan Majapahit. Wilayah Sadeng berada di Desa Grenden, Kecamatan Puger Kabupaten Jember.

Dalam kitab pararaton diceritakan masyarakat Sadeng pernah diserang bala tentara Majapahit karena kesalahpahaman. Masyarakat Sadeng terpaksa melawan untuk mempertahankan harga diri.

Sementara itu, Kecamatan Panti menampilkan dandang kukus raksasa, dimana Panti merupakan daerah industri peralatan dapur.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *