Advertorial

Waspadai Serangan Cyber, Pemkab Bondowoso Luncurkan CSIRT 

685
×

Waspadai Serangan Cyber, Pemkab Bondowoso Luncurkan CSIRT 

Sebarkan artikel ini
CISRT
Bupati Bondowoso bersama Forpimda saat peluncuran CISRT di Pendopo Bupati

BERITABANGSA.ID – BONDOWOSO – Untuk mewaspadai serangan cyber terutama di lingkup kepemerintahan, Pemkab Bondowoso melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) setempat meluncurkan program Computer Security Incident Respone Team (CSIRT).

Kabupaten Bondowoso sendiri merupakan kabupaten ke-10 di Jawa Timur yang menerapkan program CSIRT.

Scroll untuk melihat berita

Program tersebut diluncurkan di pendopo kabupaten setempat, Rabu (2/8/2023), oleh Bupati Bondowoso Drs KH Salwa Arifin, Direktur Keamanan Siber dan Sandi Pemerintah Daerah, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Hasto Prastowo dan Kepala Diskominfo, Ghozal Rawan.

Direktur Keamanan Siber dan Sandi Pemerintah Daerah, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Hasto Prastowo mengatakan bahwa seiring dengan perkembangan teknologi saat ini spektrum ancaman semakin meningkat. Bahkan, dinas pemerintah saat ini menjadi salah satu target dari serangan cyber.

” Karena pemerintah merupakan bagian dari infrastruktur informasi vital yang harus dilindungi yang dampaknya akan sangat dirasakan oleh masyarakat, ” katanya.

Sementara itu, Bupati Bondowoso, Drs KH Salwa Arifin mengatakan bahwa tim Bondowoos siap melaksanakan program BondowosoKab CSIRT. Program tersebut akan berperan sangat penting dalam mendeteksi dan menganalisis keamanan cyber di Kota Tape.

” Kami berharap masyarakat juga berpartisipasi aktif dalam keamanan cyber ini, ” ungkapnya.

Bupati berharap, BondowosoKab CSIRT mampu memberikan keamana cyber yang kokoh sehingga berdampak positif bagi pembangunan di Kabupaten Bondowoso.

Ditambahkan oleh Kepala Diskominfo, Ghozal Rawan, peluncuran BondowosoKab CSIRT dalam rangka melaksanakan sistem pemerintahan berbasis elektronik dan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif dan transparan. Maka diperlukan salah satu sistem penanggulangan insidensi di lingkungan pemerintah daerah.

” Serta pelayanan publik yang berkualitas dan untuk meningkatkan keterpaduan dan efisiensi sistem pelayanan pemerintah, ” ucapnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *