Berita Foto

UAS Hadir di Masjid Nurul Iman Ajak Umat Muslim Pererat Silaturahmi

138
×

UAS Hadir di Masjid Nurul Iman Ajak Umat Muslim Pererat Silaturahmi

Sebarkan artikel ini
Masjid Nurul Iman
Ustaz Abdul Somad (UAS) saat foto bersama usai salat Jumat di Masjid Nurul Iman. (Foto istimewa: Mwd)

BERITABANGSA.ID – SURABAYA – Ribuan jemaah memadati Masjid Nurul Iman, di Kompleks Margorejo Indah, Jalan Bendol Merisi Surabaya, pada Jumat (21/07/2023).

Hal yang tidak biasa ini lantaran hadirnya Ustaz Abdul Somad (UAS) yang sengaja diundang oleh pengurus Masjid Nurul Iman dan menjadi khatib sekaligus imam pada salat Jumat tersebut.

Scroll untuk melihat berita

Dalam khutbahnya, ustaz Abdul Somad mengajak umat muslim agar selalu menjaga ukhuwah islamiah dan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Ia menggambarkan hubungan silaturahmi antar umat muslim layaknya saudara kandung, sehingga jika sudah tertanam pengertian yang demikian maka rasa persaudaraan akan lebih kuat.

“Selama kita dalam satu kalimat tauhid “laailaha illallah” maka kita adalah saudara, apakah itu dari mazhab Imam Syafi’i, Imam Hambali atau yang lainnya,” jelas UAS dalam khutbahnya.

UAS menyebut, Innamal mukminonah ikhwah, yang berarti adalah orang yang beriman adalah saudara, seperti layaknya saudara kandung. Berangkat dari ayat inilah UAS mengimbau dalam khutbahnya agar seluruh umat muslim terus menjalin hubungan yang baik antar sesama muslim.

Selain itu, UAS juga menjabarkan rasa persaudaraan kadang terpecah oleh karena sifat yang sombong dan angkuh, yang merasa dirinya lebih baik dari yang lain.

Hal tersebut dicontohkan pada sifat iblis yang tidak mau bersujud kepada nabi Adam, lantaran sifat sombongnya yang merasa dirinya lebih baik karena iblis diciptakan dari api, sedangkan nabi Adam hanya dibuat dari tanah.

Karena kesombongannya inilah, lanjut UAS dalam khutbahnya, iblis diusir dari surganya Allah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *