Peristiwa

Pasca Bencana Tanah Longsor, Sejumlah Ruas Jalan di Kabupaten Malang Rusak

93
×

Pasca Bencana Tanah Longsor, Sejumlah Ruas Jalan di Kabupaten Malang Rusak

Sebarkan artikel ini
Tanah longsor
Salah satu ruas jalan di Desa Jogomulyan Tirtoyudo Kabupaten Malang yang ditangani Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang

BERITABANGSA.ID – MALANG – Sejumlah ruas jalan di Kabupaten Malang rusak akibat bencana tanah longsor yang menimpa wilayah bagian selatan.

Menurut Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga Kabupaten Malang, Suwiknyo, banyaknya ruas jalan yang rusak akibat bencana longsor, membuatnya harus koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan PU Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam percepatan perbaikan.

Scroll untuk melihat berita

“Kita sudah berkoordinasi dengan BPBD dan PU Pemprov Jatim dalam penanganan ruas jalan yang rusak tersebut, karena banyaknya ruas yang terdampak bencana itu,” kata Suwiknyo di kantornya, Senin (11/7/2023) sore.

Untuk penanganan ruas jalan yang rusak akibat bencana tanah longsor, pihaknya meminta bantuan Pemprov Jatim, karena kalau mengandalkan anggaran Pemkab Malang tidak cukup.

“Kita juga berkoordinasi dengan Pemprov Jatim terkait penganggaran ruas jalan yang rusak tersebut, kalau anggaran Pemkab Malang, saya kira tidak cukup untuk menangani dampak bencana longsor ini, kita minta bantuan Pemprov Jatim barangakali ada anggaran yang bisa diperuntukkan untuk Kabupaten Malang,” tambah Suwiknyo.

Ada tempat wilayah di Kabupaten Malang yang terdampak bencana tanah longsor, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Ampelgading, Tirtoyudo dan Pagak.

Pihaknya juga mendata dampak bencana tanah longsor pada Jumat (8/7), rata-rata ruas jalannya ambles dan bahu jalan longsor.

“Dari empat kecamatan yang terdampak bencana longsor kemaren, rata rata ruas jalannya mengalami ambles dan bahu jalannya longsor,” bebernya.

Dari empat wilayah yang terdampak, ada satu wilayah yang ruas jalanya rusak parah dan tidak bisa dilalui kendaraan, ruas jalan tersebut menjadi fokus dari Pemkab Malang untuk segera ditangani, wilayahnya berada di Desa Sumbertangkil Kecamatan Tirtoyudo.

“Saat ini ada satu wilayah yang ruas jalannya rusak berat bahkan sekarang sudah tutup total, di Desa Sumbertangkil Tirtoyudo yang akan menjadikan prioritas kita segera tangani, karena ruas jalan tersebut menghubungkan akses dua desa, Desa Pujiarjo sama Purwodadi,” tandas Suwiknyo.

Rencananya, untuk penanganan ruas jalan yang berada di Desa Sumbertangkil Tirtoyudo tersebut, pihaknya akan mendropping material pasir batu (Sirtu) supaya bisa dilalui kendaraan roda empat.

“Besok (hari ini) rencananya kita akan mengedrop material sirtu untuk menimbunnya di ruas jalan yang rusak tersebut agar supaya segera bisa dilalui kendaraan roda empat, dengan volume panjang yang ambles 50 meter dengan kedalaman ambles satu meter,” pungkasnya.

Dampak bencana tanah longsor di Kabupaten Malang pada Jumat (8)7) ada 17 titik ruas jalan yang amblas maupun bahu jalan longsor untuk segera mendapatkan penanganan dari Pemerintah Kabupaten Malang, Pemprov Jatim dan Pemerintah Pusat.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *