Publik Service

Lewat Rakor, Dispendukcapil Jember Benahi Pelayanan Adminduk

457
×

Lewat Rakor, Dispendukcapil Jember Benahi Pelayanan Adminduk

Sebarkan artikel ini
Rakor Dispendukcapil
Bupati Jember, Hendy Siswanto, saat sambutan dalam Rakor pengelolaan Adminduk, Senin (26/6/2023). (Foto: Diskominfo Jember for Beritabangsa.id)

BERITABANGSA.ID – JEMBER – Rapat koordinasi (Rakor) pengelolaan informasi administrasi kependudukan (Adminduk) pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jember, berlangsung di Hotel Rembangan, Kecamatan Arjasa pada Senin, 26 Juni 2023.

Rakor sekaligus pelatihan yang diikuti oleh Kepala Seksi Pelayanan Umum (Kasi Pelum) maupun operator kecamatan se-Kabupaten Jember tersebut, bertujuan untuk meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat terkait pengurusan Adminduk.

Scroll untuk melihat berita

“Yang melakukan pekerjaan di lapangan ya mereka (Kasi Pelum dan operator kecamatan- red). Makanya, kita berikan satu penguatan (pelatihan – red) dalam hal pelayanan. Pematerinya dari Dukcapil pusat dan provinsi,” ucap Bupati Jember, Hendy Siswanto.

Selain itu, kata Hendy, Rakor kali ini juga dimaksudkan untuk melakukan perbaikan bersama-sama, mengingat masih ditemukan banyak kekurangan pada pelayanan Adminduk.

“Tapi setelah pelatihan ini apakah nanti akan langsung baik seketika? Enggak juga. Inilah problem kita bersama-sama. Tentunya, masukan dari masyarakat itu sangat diperlukan,” ungkap Hendy.

Di penghujung wawancara, Hendy juga sempat menyinggung soal keluhan masyarakat yang sering dilontarkan kepada Dispendukcapil terkait kelambatan pengurusan Adminduk yang kerapkali terjadi.

Hendy mengklaim, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember sama sekali tidak mungkin melakukan sesuatu yang membuat pengurusan Adminduk mengalami kelambatan sebagaimana yang ditudingkan masyarakat.

“Ini bukan zamannya (mengalami kelambatan pengurusan Adminduk – red). Sekarang kita sudah tidak seperti itu lagi,” tukas Hendy.

Namun jika memang masih ditemukan kasus semacam itu, Hendy berdalih bahwa dibalik semua itu pasti ada sesuatu yang salah dan perlu ditelisik lebih jauh penyebabnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *