Ekonomi Dan Bisnis

Ketua APKASI Korwil Jatim Ajak Seluruh Kepala Daerah Kembangkan Ekonomi Kreatif

479
×

Ketua APKASI Korwil Jatim Ajak Seluruh Kepala Daerah Kembangkan Ekonomi Kreatif

Sebarkan artikel ini
APKASI
Ketua APKASI Korwil Jatim, Hendy Siswanto, saat memberikan sambutan. (Foto: Diskominfo Jember for Beritabangsa.id)

BERITABANGSA.ID – SURABAYA – Ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) koordinator wilayah (Korwil) Jawa Timur, Hendy Siswanto, mengajak seluruh kepala daerah se-Jawa Timur untuk saling bersinergi dan berkolaborasi dalam mengembangkan ekonomi kreatif di wilayah masing-masing.

Sinergi dan kolaborasi itu perlu dilakukan, mengingat otonomi daerah yang telah diberlakukan saat ini menuntut pemerintah daerah untuk terus berinovasi dan kreatif.

Scroll untuk melihat berita

“Setelah peraturan Covid-19 dicabut, salah satu sektor yang cepat pulih yaitu ekonomi kreatif ini. Karena saat pandemi terjadi, sektor ini tidak terdampak signifikan. Sebab masyarakat justru lebih tertarik pada sektor ini saat pandemi terjadi,” ucap Hendy saat membuka rapat kerja APKASI Korwil Jawa Timur di Shangri-La Hotel Surabaya, Kamis (22/6/2023).

Selain itu, pria yang juga menjabat Bupati Jember ini juga mengingatkan kepada seluruh bupati se-Jawa Timur, bahwa pemerintah daerah mempunyai tanggung jawab dalam pelaksanaan otonomi daerah antara lain sebagai fasilitator, regulator dan motivator bagi masyarakat daerahnya masing-masing.

“Oleh karenanya, tanpa kita melakukan kolaborasi dan sinergi akan sulit rasanya kalau kita hanya berdiri di dalam Kabupaten kita sendiri,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Pembicara rapat kerja APKASI Korwil Jatim, Direktur Pengembangan Kekayaan Intelektual Industri Kreatif yang berasal dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Robinson Hasoloan Sinaga, juga mengatakan hal yang sama dengan Hendy.

Dia justru tak sabar ingin segera melangkah mewujudkan ekonomi kreatif sebagaimana hasil rancangan rapat kerja APKASI ini.

“Fokuskan pada satu titik dulu untuk benar-benar dikembangkan, sehingga nantinya dapat dirasakan. Setelah itu, baru ke titik yang lain,” pungkasnya.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut, Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, Sekjen APKASI yang juga menjabat Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, dan seluruh Bupati se-Jawa Timur.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *