Pemilu

KPU Gelar Rakor Bahas Dua Hal, Vermin Bacaleg dan PAW

115
×

KPU Gelar Rakor Bahas Dua Hal, Vermin Bacaleg dan PAW

Sebarkan artikel ini
KPU Jatim
Tampak ketua KPU Jatim Choirul Anam saat rapat koordinasi

BERITABANGSA.ID – SURABAYA – Menjelang penyampaian hasil verifikasi administrasi (Vermin) dokumen persyaratan Bakal Calon Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) menggelar rapat koordinasi (Rakor) bersama KPU kabupaten/kota pada Senin (19/6/2023) di Aula KPU Jatim di Jalan Raya Tenggilis Nomor 1 – 3 Surabaya.

Peserta rakor terdiri Divisi Teknis Penyelenggaraan, Divisi Hukum dan Pengawasan, serta Kasubbag Teknis Penyelenggaraan Pemilu; Partisipasi dan Hubungan Masyarakat (Tekmas) dari 38 KPU kabupaten/kota di Jawa Timur.

Scroll untuk melihat berita

Rakor kali ini membahas dua agenda. Penggantian Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD kabupaten/kota dan persiapan penyampaian hasil Vermin DPRD kabupaten/kota.

Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Jatim, Insan Qoriawan, menjelaskan dua hal itu dibahas bersama bukan tanpa alasan.

“Pasalnya di beberapa daerah, PAW ini banyak diajukan karena mencalonkan sebagai calon anggota DPRD kabupaten/kota pada Pemilu 2024 dari partai politik yang berbeda. PAW terjadi selain karena mengundurkan diri, juga karena ada anggota DPRD yang meninggal dunia dan diberhentikan,” ujarnya.

Berikutnya Insan, mengingatkan kembali mengenai alur, penetapan calon, upaya hukum, dan klarifikasi PAW.

Kemudian dilanjutkan dengan pembahasan persiapan penyampaian hasil Vermin bakal calon anggota DPRD kabupaten/kota.

Pada proses penyampaian hasil verifikasi administrasi bakal calon anggota DPRD, KPU kabupaten/kota mengundang partai politik peserta pemilu dan Bawaslu.

“Di dalam kesempatan tersebut KPU kabupaten/kota menjelaskan berita acara hasil verifikasi administrasi,” jelas Insan.

Sebelumnya, dalam pembukaan acara, Ketua KPU Jatim, Choirul Anam meminta KPU kabupaten/kota memahami kepemiluan tidak hanya sepenggal per tahapan selesai.

“Akan tetapi memahami kepemiluan secara utuh, kompleks dan komprehensif. Karena antar tahapan ini saling nyambung,” tuturnya.

Anam, menegaskan pula bila dalam belajar kepemiluan tidak terlepas dari pemahaman terhadap unsur-unsur dalam sistem pemilu.

“Unsur-unsur dalam sistem pemilu yakni, besaran daerah pemilihan (district magnitude), pencalonan, pemberian suara (ballot structure), formula penghitungan suara dan penentuan calon terpilih, ambang batas, serta penjadwalan penyelenggaraan pemilu. Jadi ini harus benar-benar dipahami oleh penyelenggara,” tegas Anam.

Rakor dimulai pukul 10.00 WIB, dan diakhiri sekitar pukul 16.30 WIB.

Turut hadir dari KPU Jatim di antaranya, yaitu Ketua, Choirul Anam, Divisi Teknis Penyelenggaraan, Insan Qoriawan, Divisi Data dan Informasi, Nurul Amalia. Serta didampingi oleh Kabag Tekmas, Yulyani Dewi, Kasubbag Teknis Penyelenggaran Pemilu, Eddy Prayitno, dan staf Subbag terkait.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *