Pemerintahan

Cakades dari 27 Desa di Blora Deklarasi Pilkades Damai

69
×

Cakades dari 27 Desa di Blora Deklarasi Pilkades Damai

Sebarkan artikel ini
Deklarasi Pilkades
Deklarasi Pilkades Damai Untuk Menciptakan Pilkades Yang Lancar Namun Tetap Mengedepankan Aspek Damai

BERITABANGSA.ID – BLORA – Sedikitnya, calon kepala desa (Cakades) dari 27 desa di 13 kecamatan menggelar deklarasi Pilkades damai.

Mereka komitmen melaksanakan Pilkades secara lancar dan damai, di Pendapa Bupati Blora, Minggu (18/6/2023).

Scroll untuk melihat berita

Para Cakades ini akan mengikuti Pilkades serentak 2023.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Yayuk Windrati, menyampaikan, Pilkades serentak di Kabupaten Blora 2023 akan dilaksanakan pada Sabtu Kliwon, 8 Juli 2023 di 27 desa di 13 kecamatan.

“Deklarasi damai tersebut untuk mengedepankan semangat persaudaraan, kerjasama, dan toleransi antara semua pihak yang terlibat dalam proses Pilkades,” ucapnya.

Melalui deklarasi Pilkades damai itu, masyarakat Blora dan Cakades dapat mengubah stigma Pilkades yang sering dicap sebagai momen konflik sosial tingkat lokal diubah menjadi momentum yang menyejukkan.

Para calon yang ikut dalam Pilkades berkomitmen menjaga sikap yang santun, tidak melakukan kampanye negatif, fokus visi dan misi program kerja yang positif bagi masyarakat desa.

“Mereka berjanji akan mengedepankan etika dan moral selama pelaksanaan Pilkades serentak. Selain itu, para Cakades sepakat menciptakan situasi kondusif dan tidak anarkis,” tambahnya

Sementara itu, Bupati Blora Arief Rohman, menegaskan pentingnya menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi, saling menghargai, dan kerjasama erat dalam menyukseskan Pilkades.

“Hindari konflik antar calon, imbau para pendukung masing-masing jangan kampanye tidak di tempat pendidikan, tempat ibadah dan mendiskreditkan atau mencemarkan nama baik calon kades lain dan SARA,” terangnya.

Desa-desa yang akan menggelar Pilkades, 8 Juli 2023 besok, yakni di Kecamatan Banjarejo; Desa Buluroto, Jatiklampok, Balongsari, Wonosemi, di Kecamatan Banjarejo.

Di Kecamatan Ngawen; Desa Srigading dan Bradag. Untuk di Kecamatan Japah; Desa Krocok dan Gaplokan. Untuk Desa Sendang, Kacangan, dan Kembang, masuk Kecamatan Todanan.

Kemudian, Kecamatan Jepon, Desa Brumbung dan Gersi. Desa Prantaan Kecamatan Bogorejo, Kecamatan Jiken, Desa Singonegoro dan Genjahan, Desa Bekutuk Kecamatan Randublatung, Desa Gembyungan, Desa Bekutuk.

Selanjutnya Desa Nglebak Kecamatan Kradenan, Desa Nginggil Kecamatan Kradenan, Desa Kepoh Kecamatan Jati, Desa Sitirejo Kecamatan Tunjungan, Desa Tambahrejo Kecamatan Tunjungan; Desa Jipang Kecamatan Cepu, Desa Brabowan, Kecamatan Sambong.

Hadir di acara deklarasi damai itu, Bupati Haji Arief Rohman, Ketua DPRD, Sekdakab Komang Gede Irawadi, Forkopimda, Forkompicam, OPD terkait dan Cakades serta tamu undangan lainnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *