Pemerintahan

Jatim Raih Predikat Patuh, Gubernur Khofifah: ASN Harus Jadi Game Changer dan Enabler Leader

84
×

Jatim Raih Predikat Patuh, Gubernur Khofifah: ASN Harus Jadi Game Changer dan Enabler Leader

Sebarkan artikel ini
Predikat Patuh

BERITABANGSA.ID-SURABAYA – Pemerintah Provinsi Jawa Timur mendapat predikat patuh berdasarkan hasil pengukuran tingkat kepatuhan pelaksanaan nilai dasar, kode etik, dan kode perilaku (NKK) ASN yang diselenggarakan oleh Komite Aparatur Sipil Negara (KASN) pada 2022.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Komisioner KASN pada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang diwakili Asisten III Setdaprov Jawa Timur di Hotel Mercure Surabaya, Selasa (16/5/2023).

Dalam penyerahan penghargaan itu, dari 24 instansi pemerintah, hanya 15 instansi yang mendapat predikat “Patuh”, sisanya sebanyak 9 instansi mendapat predikat “Cukup Patuh”.

Yang menarik, dari 15 instansi berpredikat “Patuh” tersebut, hanya dua pemda di tingkat provinsi yang berhasil menerima predikat tersebut. Sedangkan yang lain adalah instansi tingkat nasional.

Atas pencapaian tersebut, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh ASN di lingkungan Pemprov Jatim yang telah menjadi teladan yang baik sebagai abdi negara melalui penerapan core value Ber-AKHLAK.

“Terima kasih atas seluruh dedikasi dan kerja kerasnya. Mari kita jaga terus pencapaian ini dengan menjadi abdi negara yang bisa menerapkan Ber-AKHLAK,” ujar Gubernur Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis (18/5).

Sebagai informasi pengukuran tingkat kepatuhan pelaksanaan NKK ini dirancang untuk mendorong aktivasi pelaksanaan NKK oleh instansi pemerintah guna mencegah terjadinya pelanggaran kode etik dan kode perilaku ASN serta melindungi ASN itu sendiri.

Terdapat empat kriteria pengukuran IM NKK yaitu, penetapan kebijakan NKK, penerapan NKK, penegakan NKK, dan kesinambungan sistem atas pelaksanaan NKK, dapat menjadi pedoman bagi instansi pemerintah untuk mengoptimalkan pelaksanaan NKK secara komprehensif.

Di Jatim, Gubernur Khofifah selama ini selalu menekankan pentingnya core value Ber-AKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) pada seluruh jajaran ASN di lingkungan Pemprov Jatim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *