Publik Service

Cek Kondisi Arus Mudik Dan Arus Balik, Begini Penjelasan Menteri PMK

64
×

Cek Kondisi Arus Mudik Dan Arus Balik, Begini Penjelasan Menteri PMK

Sebarkan artikel ini
Menteri PMK
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy saat ditemui awak media di Doom UMM Malang

BERITABANGSA.ID – MALANG – Kondisi arus mudik dan arus balik lebaran 2023 dinilai cukup lancar dibanding 2022.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI Muhadjir Effendy usai menghadiri halal bihalal Keluarga Besar Universitas Muhammadiyah Malang di aula Doom UMM Malang, Sabtu (29/4/2023).

Scroll untuk melihat berita

Muhadjir mengatakan, telah mengecek dan memantau kondisi arus balik di kilometer 66 yang kondisinya sudah cukup bagus dibanding 2022.

“Barusan (sebelum menuju ke UMM Malang) saya mengecek langsung kondisi arus balik di Km 66, dan kondisinya sudah cukup bagus dibanding tahun lalu,” kata Muhadjir Effendy.

Dia mengakui puncak mudik tidak terasa dikarenakan kesiapan semua pihak dalam rangka pengamanan arus mudik maupun arus balik, sehingga kondisi arus mudik tidak berada pada satu titik saja.

“Dengan kebijakan yang kita lakukan, sehingga arus mudik tahun ini tidak terasa, arus mudik menyebar,” beber pria yang pernah menjabat Rektor UMM Malang ini.

Untuk puncaknya, lanjut Muhadjir, itu terjadi H+2 lebaran yang mana arus kendaraan mencapai 195 ribu yang melintas menuju Jakarta dari arah timur.

“Puncaknya arus balik terjadi pada H+2 lebaran, dimana ada sekitar 195 ribu kendaraan dari arah timur menuju Jakarta, Bandung dan Semarang masuk arah timur juga. Kalau tidak ada rekayasa lalulintas dan kebijakan lain arus masuk kendaraan menuju Jakarta bisa mencapai 203 ribu kendaraan, dan kalau itu terjadi, itu sangat merepotkan karena kapasitas tol kita dan jalan arteri tidak akan mungkin menampung arus kendaraan sebanyak 203 ribu,,” tandasnya.

Muhadjir merasa lega setelah mengecek tadi malam arus kendaraan mulai turun, diperkirakan arus balik gelombang II akan terjadi pada H+7 nanti.

Muhadjir menambahkan untuk angka kecelakaan secara nasional sudah menurun drastis dengan penurunan sekitar 40 persen dan angka meninggal karena kecelakaan juga bisa turun.

“Tadi malam setelah saya turun dan cek semuanya turun, baik arus kendaraan, angka kecelakaan dan korban meninggal sudah menurun drastis dibanding tahun kemaren sekitar 70 persen. Empat pelayanan pelayanan berjalan lancar seperti ketersediaan bahan pokok dan stabil, stok bahan bakar minyak yang tersedia, kelancaran lalulintas dan sektor wisata seperti kenyamanan dan keamanan wisata, dan sampai saat ini saya belum menerima keluhan tentang wisata, mudah-mudahan lebaran tahun berjalan lancar aman dan nyaman,” pungkas Muhadjir Effendy.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *