Berita UtamaDaerahJawa TimurPemerintahan

Pemkab Jember Latih Mitigasi Bencana Lewat Sekolah Lapang Gempa Bumi

363
×

Pemkab Jember Latih Mitigasi Bencana Lewat Sekolah Lapang Gempa Bumi

Sebarkan artikel ini
Foto: Sambutan Bupati Jember Hendy Siswanto dalam sekolah lapang gempa bumi

BERITABANGSA.ID – JEMBER – Pemerintah Kabupaten Jember menyelenggarakan pelatihan mitigasi bencana di area pesisir Pantai Puger, lewat Sekolah Lapang Gempa Bumi (SLGB).

Kegiatan yang berlangsung di Aula Kantor Pelabuhan Perikanan Pantai Puger tersebut dibuka dan diresmikan langsung oleh Bupati Jember Hendy Siswanto, pada Kamis, 16 Maret 2023.

banner 300600

Hendy mengatakan, SLGB yang digelar selama dua hari ini untuk membentuk kebiasaan masyarakat di area pesisir Pantai Puger, menjadi lebih waspada terhadap ancaman bencana seperti gempa bumi, tsunami dan yang lainnya.

“Saat terjadi gempa bumi, mereka harus ingat bahwa hanya punya waktu 4 menit untuk siap-siap berlari. Ini perlu kita tancapkan kepada seluruh masyarakat di sepanjang pesisir,” ucap Hendy.

Setelah mengikuti pelatihan, Hendy berharap semua peserta menyampaikan pengetahuan yang diperoleh dari SLGB ini disampaikan juga kepada warga yang lain, supaya kesiapsiagaan di pesisir pantai menjadi semakin meningkat.

“Kami bersama BPBD sebagai lending sektor kegiatan ini, nantinya akan dikolaborasikan dengan potensi yang kita miliki, seperti kita punya sekolah SD, SMP, SMA yang ada di sini. Kita akan latih juga,” bebernya.

Selain itu, Hendy kembali menegaskan bahwa tujuan utama dari SLGB ini untuk membentuk budaya baru, di mana pada saat terjadi bencana, mereka langsung reflek untuk menyelamatkan diri berpacu dengan waktu.

“Di sekolah-sekolah dan tempat-tempat ibadah nanti kita akan pasang Sirine untuk latihan. BPBD nanti yang akan mengumpulkan mereka untuk berkoordinasi dengan mereka semuanya,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *