Pemilu

Bimtek PKD di Bondowoso Diinjeksi Ilmu Bela Negara

144
×

Bimtek PKD di Bondowoso Diinjeksi Ilmu Bela Negara

Sebarkan artikel ini
Bimtek pkd
Penyematan tanda peserta pada salah satu bimtek oleh Kodim 0822 Bondowoso

BERITABANGSA.ID – BONDOWOSO – Bawaslu Bondowoso memberikan bimbingan teknis (Bimtek) kepada pengawas kelurahan/desa (PKD) untuk peningkatan kapasitas di Hotel Ijen View, Senin (13/3/2023).

Bimtek digelar dua tahap, pertama dari Senin hingga Rabu, 13 – 15 Maret 2023, diikuti 156 anggota PKD dari 16 kecamatan.

Scroll untuk melihat berita

Kedua, Rabu-Jumat, 15 -17 Maret 2023, diikuti 7 kecamatan dan 3 orang staf teknis.

Bimtek kali ini Komisioner Bawaslu, menginjeksi materi bela negara oleh pasukan pilihan Kodim 0822 Bondowoso.

Dalam kegiatan itu, PKD mendapat pelatihan bela negara yang diterapkan dengan metode militer selama tiga hari hingga Rabu (15/3).

Pelatihan meliputi materi wawasan kebangsaan, manajemen waktu, solidaritas antar sesama, mental, serta penanaman loyalitas kepada korps.

Materi peningkatan kapasitas PKD juga disampaikan oleh kelima Komisioner Bawaslu, meliputi nilai dasar pengawasan Pemilu, kewenangan dan kewajiban PKD, penanganan pelanggaran Pemilu, dan materi wajib lainnya.

Selain itu, PKD juga mendapat pelatihan fisik seperti baris berbaris dan gerakan senam untuk menjaga kebugaran tubuh.

Koordinator Divisi SDM Organisasi Diklat Bawaslu Bondowoso, Ridwantoro, menegaskan pelatihan bela negara dilakukan untuk memperkuat integritas dan mental para PKD.

Menurutnya, integritas dan mental baja merupakan bekal utama yang harus tertanam kuat dalam jati diri PKD mengingat tugas mereka berpotensi mendapat intimidasi.

“Pelatihan bela negara diharapkan dapat menumbuhkan nilai nasionalisme dan patriotisme yang lebih kuat pada PKD sehingga dapat memunculkan integritas yang lebih baik lagi,” ujarnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *