Publik Service

Pemdes Tanjung Terus Dukung Peningkatan Layanan Posyandu

157
×

Pemdes Tanjung Terus Dukung Peningkatan Layanan Posyandu

Sebarkan artikel ini
Stunting
Mei Sriwahyuni selaku bidan Desa Tanjung kiri saat pelaksanaan Posyandu di pos 4 Dusun Tanjung, memberikan arahan ke ibu balita setelah pemeriksaan

BERITABANGSA.ID – TULUNGAGUNG – Pemerintahan Desa (Pemdes) Tanjung, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung, terus mendukung peningkatan layanan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu).

Tak lain tujuannya untuk meningkatkan gizi, tumbuh kembang bayi dan balita, pemeriksaan kesehatan ibu hamil, dan penanggulangan stunting.

Scroll untuk melihat berita

Imam Mahmudi Kepala Desa (Kades) Tanjung, mengatakan kegiatan Posyandu ini diharapkan kesehatan masyarakat bisa lebih diperhatikan dan terpantau, Kamis (09/03/2023).

Untuk kegiatan Posyandu sendiri terbagi menjadi 2 yakni Posyandu Balita dan Posyandu Lansia.

Dalam menjalankan kegiatan Posyandu ini, petugas kesehatan atau bidan desa dibantu oleh kader Posyandu.

“Kegiatan Posyandu balita ada 4 pos diantaranya Pos 1 ada di balai desa setiap Senin minggu pertama, Pos 2 ada di Dusun Bandil setiap Selasa minggu pertama, Pos 3 ada di Dusun Tanjung setiap Rabu minggu pertama, Pos 4 ada di Dusun Tanjung setiap Kamis minggu pertama, sedangkan posyandu lansia bertempat di balai desa setiap sabtu dan minggu pada minggu pertama setiap bulan,” tuturnya.

Untuk balita dan bayi khususnya di Pos 4 terdapat 89 register dan tidak ditemukannya balita stunting. Hanya ada sedikit bayi dan balita batuk dan pilek karena masuk musim pancaroba.

Mei Sriwahyuni selaku bidan Desa Tanjung, terus aktif dalam program Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi, serta angka stunting di Desa Tanjung.

Dia juga terus aktif memberikan penyuluhan khususnya untuk ibu-ibu yang baru hamil, tak lupa juga pemberian makanan tambahan (PMT) bagi balita.

“Kami terus melakukan intervensi kunjungan ke rumah bayi atau balita apabila terkena stunting, setiap 1 bulan sekali kami terus melakukan kunjungan di mana kalau ada kendala akan dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Iskak Tulungagung dan didampingi dengan petugas Puskesmas serta kader Posyandu,” ujarnya.

Untuk PMT khusus bayi atau balita stunting sendiri dari desa mendapatkan paket makanan lokal antaranya telur, kacang hijau, biskuit serta susu formula.

“Setiap pelaksanaan Posyandu di pos 4 ini balita diberikan Susu UHT, telur sama snack untuk menambah gizi bagi balita,” tambahnya.

Pemdes Tanjung berharap kepada masyarakat untuk selalu hadir serta aktif dalam kegiatan Posyandu untuk mengetahui tumbuh kembang anak.

Selain itu masyarakat juga bisa berkonsultasi kepada petugas kesehatan desa.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *