Kesehatan

Menkes Jadikan RSUD dr Iskak Tulungagung sebagai Role Model Nasional

267
×

Menkes Jadikan RSUD dr Iskak Tulungagung sebagai Role Model Nasional

Sebarkan artikel ini
RSUD dr Iskak Tulungagung
Menkes Budi Gunadi Sadikin kiri serta Direktur RSUD dr, Iskak Tulungagung dr. Supriyanto Dharmoredjo kanan saat mendampingi meninjau fasilitas layanan unggulan yang ada di RSUD dr. Iskak Kabupaten Tulungagung

BERITABANGSA.ID – TULUNGAGUNG – Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin, memberi kredit tinggi terhadap tata kelola pelayanan perumahsakitan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Iskak Tulungagung.

Sehingga dengan pengelolaan modern dan transparan, RSUD ini layak dijadikan role model atau percontohan pengelolaan Rumah Sakit Nasional.

banner 300600

Menteri Kesehatan Budi Gunadi, dalam kesempatan ini, melakukan kunjungan kerja ke RSUD dr Iskak Tulungagung untuk mempelajari manajemen dan sejumlah layanan unggulan di RS milik Pemkab Tulungagung, Jawa Timur tersebut.

“Saya sudah dengar prestasinya banyak, layanan ke masyarakatnya baik, teknologi informasinya baik, saya mau lihat sendiri,” kata Menkes Budi Gunadi.

Menurutnya tata kelola pelayanan di RSUD dr, Iskak sudah seperti yang ia harapkan, terutama dalam pemberlakuan sistem tarif dan pemberian tunjangan kepada para nakes (tenaga kesehatan) beserta seluruh SDM pendukung, berbasis cost unit (satuan harga).

Baik yang berkaitan dengan jasa medis, obat, fasilitas penunjang maupun unsur-unsur biaya lain yang semuanya terukur dan memiliki patokan tarif yang jelas dan bisa dipertanggungjawabkan.

RSUD dr Iskak letaknya yang jauh dari ibu kota tak membuat kota ini terbelakang dalam hal pengelolaan, bahkan mampu menjadi daerah yang berhasil membuat terobosan dan inovasi tata layanan kesehatan secara terintegrasi.

“Saya menyaksikan sendiri penerapan aplikasinya dan itu mengagumkan, saya datang ke sini untuk memastikan pelayanan yang diberikan rumah sakit ini kepada masyarakat, karena kabar yang saya terima, rumah sakit ini sudah mendapatkan banyak sekali penghargaan,” sambungnya.

Dalam kunjungannya, Menkes meninjau langsung ke ruang sistem pelayanan kegawatdaruratan rumah sakit berbasis teknologi, yaitu Public Safety Center (PSC).

Selain itu, Menkes juga berkesempatan meninjau sejumlah fasilitas layanan unggulan, seperti cathlab, layanan IGD red zone-yellow zone-gren zone serta meninjau kinerja beberapa sistem aplikasi manajemen lainnya.

Menurutnya, penerapan sistem kegawatdaruratan RSUD dr Iskak tersebut patut diterapkan pada rumah sakit lainya yang ada di Indonesia.

Oleh karenanya, daripada membuat inovasi baru, ia mengaku lebih tertarik untuk mereplikasi inovasi pelayanan yang sudah ada dan terbukti berhasil.

Bahkan, ucap Menkes jika diperbolehkan sistem pengelolaan yang sudah berjalan efektif dan berhasil di RSUD dr Iskak akan dijadikan standar baru pengelolaan rumah sakit di Indonesia.

“Iya maunya begitu, tinggal minta Pak Supriyanto mau bantuin apa tidak,” ucap Menkes kepada Direktur RSUD dr Iskak Tulungagung, dr Supriyanto yang mendampinginya selama kunjungan kerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *