Terkini

Rektor UMS Sukadiono Terpilih Pimpin PW Muhammadiyah Jatim

154
×

Rektor UMS Sukadiono Terpilih Pimpin PW Muhammadiyah Jatim

Sebarkan artikel ini
pwm

Pesan Khofifah Dongkrak IPM Jatim

Selain dua aspek, pendidikan dan kesehatan peran Muhammadiyah telah memberi dampak signifikan terhadap peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Jatim.

Capaian IPM di Jatim 2022 menunjukan peningkatan signifikan, 72,75% atau tumbuh sebesar 0,85% dari capaian IPM 2021.

Scroll untuk melihat berita

“Alhamdulillah, IPM 2022 naik signifikan. Ini tentu berkat kerjasama ikhtiar elemen strategis Jawa Timur dalam amal usaha pendidikan, kesehatan dan layanan ekonomi Muhammadiyah se Jawa Timur,” ungkap Gubernur Khofifah.

Memajukan kehidupan bangsa dan negara, kunci indikatornya adalah naiknya IPM. “Apakah pendidikan kita makin maju dan berkembang? Apakah layanan kesehatan kita makin berkualitas dan berkemajuan? Apakah layanan ekonomi masyarakat juga makin berkembang ?,” tutur Khofifah.

Khofifah mengakui selain kesehatan dan pendidikan meningkatkan IPM di Jatim, Muhammadiyah juga berperan dalam meningkatkan IPM bagi anak-anak Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Dia mencontohkan, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang telah mengirm mahasiswa KKN untuk mengajar di sanggar belajar bagi anak-anak keluarga PMI di Malaysia.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh Rektor Universitas Muhammadiyah se-Jatim khususnya Rektor Universitas Muhammadiyah Malang yang kontinyu mengirimkan mahasiswa KKN ke sana. Karena disana masih ada yang berumur 15 tahun tapi tidak bisa membaca dan menulis. Mereka butuh pendidikan,” katanya

Khofifah juga minta izin kepada PP Muhammadiyah, untuk melanjutkan program KKN mahasiswa di Malaysia mendampingi anak PMI.

“Insya Allah pendidikan mereka ini berjalan sampai kelas 6 berarti sama dengan kejar paket a, dan 3 tahun setara Kejar Paket B, dan bisa akses masuk kejar paket C,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini dilakukan penandatanganan peresmian amal usaha Muhammadiyah oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah didampingi Gubernur Khofifah dan Bupati Sugiri Sancoko.

Ada 5 amal usaha Muhammadiyah, yang diresmikan, di antaranya Balai Diklat Muhammadiyah Ponorogo, Kantor BPRS Mitra Mentari Sejahtera, Gudang II PT Daya Surya Sejahtera, Gedung PPTQ Ahmad Dahlan dan Penambahan Kantor Bank Ziska.

Di acara ini, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy, tokoh Muhammadiyah, Muhammad Sirajuddin Syamsudin, Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak, Ketua PP Muhammadiyah Agung Danarto, Wakil Bupati Ponorogo Lisdyarita, Wakil Wali Kota Blitar Tjutjuk Sunario, dan Ketua PW Asiyiyah Jatim Siti Dalilah Candrawati.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *