Ekonomi dan Bisnis

Ditunjuk Jadi Ketua Pokja SDC, Bachruni Siap Tekan Angka Pengangguran

186
×

Ditunjuk Jadi Ketua Pokja SDC, Bachruni Siap Tekan Angka Pengangguran

Sebarkan artikel ini
Pokja SDC
Kepala Dinas Perikanan Bachruni Aryawan saat Menerima SK Ketua Pokja Kebekerjaan SDC dari Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor Ali di Hotel Luminor Sidoarjo

BERITABANGSA.COM- SIDOARJO– Pemerintah Kabupaten Sidoarjo resmi mengukuhkan Forum Skill Development Center (SDC) untuk menciptakan SDM berkualitas dalam menjawab tantangan dunia kerja.

Selain fokus dalam pengembangan sumberdaya manusia khususnya lulusan SMK, SDC juga mengemban tugas untuk merangkul dunia usaha atau UMKM melalui sinergi yang apik.

Scroll untuk melihat berita

Ketua Pokja Kebekerjaan SDC, Bachruni Aryawan telah menyiapkan beberapa program dalam atasi pengangguran melalui SDC.

Dia mengaku telah siap menggelar rapat koordinasi pengurus untuk menyusun program dan kegiatan sesuai dengan target menekan angka pengangguran di Sidoarjo.

“Kami harap SDC tidak hanya mengandalkan anggaran dari pemerintah melalui APBD. Menggandeng pihak luar juga tak kalah penting, selain itu melibatkan organisasi perangkat daerah (OPD) yang bisa membuat laporan kerja baru atau melatih personil sesuai dengan SDM yang dibutuhkan oleh industri di Kabupaten juga menjadi salah satu program kita,” kata Bachruni saat dihubungi, Kamis (22/12/2022).

SDC juga diharapkan mampu memadukan dan menyinergikan program atau layanan pendidikan dan pelatihan bersama ketiga unsur yaitu lembaga pendidikan dan pelatihan, dunia usaha dan industri dan pemerintah daerah.

Kepala Dinas Perikanan itu juga berharap SDC juga dapat menjadi rujukan bagi BLK/LPK dalam mendapatkan informasi yang akurat tentang kebutuhan pelatihan di daerah, mengakses kesempatan “On Job Training”.

“Diharapkan SDC ini mampu mengembangkan kerjasama atau kemitraan dalam penyediaan instruktur dan penyerapan lulusan pada dunia usaha dan industri,” imbuh Bachruni.

Senada, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor (Gus Muhdlor) berharap dengan adanya forum SDC ini dapat membantu pemerintah daerah dalam menangani masalah pengangguran atau ketenagakerjaan.

“Pemerintah daerah akan memberikan pendampingan. Begitu pula yang akan dilakukan pemerintah pusat yang akan memberikan atensi terbentuknya forum seperti ini,” ungkapnya.

Dikatakannya Skill Development Center harus dibentuk oleh, dari dan untuk daerah sebagai wujud dari komitmen daerah dengan melibatkan unsur pemerintahan dengan ruang lingkup terkecil (kecamatan/kelurahan) dan melakukan Analisis baseline data terkait. Seperti data pengangguran dan data lembaga diklat dan memperhatikan Local Wisdom.

“Karena ini juga intruksi dari bapak pesiden kita, saya harap peserta forum SDC juga harus memanfaatkan sumber daya yang telah tersedia didaerah, dengan membentuk Pusat-Pusat Pengembangan Ketrampilan Daerah (Regional for Skill Development Center) dengan Workplace sebagai ujung tombak,” pungkas Putra KH. Ali Masyhuri itu.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *