Pemerintahan

Suksesnya Pemilu 2024 Butuh Edukasi dan Sosialisasi, Peran Media Penting

48
×

Suksesnya Pemilu 2024 Butuh Edukasi dan Sosialisasi, Peran Media Penting

Sebarkan artikel ini
EDUKASI PEMILU
Anggota KPU Kabupaten Malang, Khilmi Arif

BERITABANGSA.COM-MALANG – Suksesnya pelaksanaan Pemilihan Umum 2024, dengan meningkatkan jumlah pemilih, dibutuhkan peran media dalam memberikan informasi tahapan Pemilu, edukasi dan sosialisasi bagi pemilih di Pemilu 2024.

Anggota KPU Kabupaten Malang, Khilmi Arif mengatakan, kesuksesan penyelenggaraan Pemilu tidak bisa dilepaskan dari peran stakeholder, salah satunya termasuk media massa.

Scroll untuk melihat berita

“Media massa memiliki peran penting dalam memberikan informasi (positif) dan edukasi terkait kepemiluan dan teknis penyelenggaraannya secara luas kepada masyarakat,” kata Khilmi Arif, Jumat (11/11).

Khilmi menambahkan, dengan mempertimbangkan luas kewilayahan kabupaten Malang serta tren era digital saat ini, maka media dapat memberikan percepatan penyampaian informasi soal pemilu maupun pilkada serentak.

Asas Pemilu Luber Jurdil seyogyanya dapat terlaksana dengan baik, atas dukungan dan peran serta awak media, selain itu, penyelenggaraan pemilu, informasi penting media sekaligus bisa mewujudkan pendidikan kepada pemilih yang efektif kepada publik hingga yang berada di pelosok-pelosok desa,” imbuhnya..

Untuk meningkatkan partisipasi pemilih, edukasi politik sangat diperlukan bagi masyarakat agar nantinya dapat mempergunakan hak politiknya.

“Dengan pendidikan pemilih lebih meluas ini, agar dapat menyasar semua kalangan masyarakat, untuk membangun kesadaran menggunakan hak politiknya dengan baik, Jangan sampai ada masyarakat yang tidak tahu bahwa saat ini sudah memasuki tahapan Pemilu, apalagi terjadi golput di hari Pemungutan Suara nantinya,” pungkas Khilmi.

Sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum RI nomor 8 tahun 2022, saat ini sudah memasuki tahapan pembentukan dan tata kerja badan adhoc, diawali dengan rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dimulai 16 November 2022 dan pemungutan suara dijadwalkan pada 14 Februari 2024.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *