Peristiwa

Tubuh Amin Tertimbun Tanah Longsor Sedalam Tiga Meter

47
×

Tubuh Amin Tertimbun Tanah Longsor Sedalam Tiga Meter

Sebarkan artikel ini
Korban AMIN
Tim gabungan dibantu warga saat pencarian korban tanah longsor

BERITABANGSA.COM-MALANG – Jenazah Achmad Amin, 25 tahun, warga Dusun Kunci RT 16 RW 04, Desa Wringinanom, akhirnya ditemukan, pada Kamis (3/11/2022) pukul 10.00 WIB oleh tim SAR gabungan posisi tertimbun tanah sedalam tiga meter.

Kepala Seksi Operasi Kantor SAR Surabaya, Haris Supardi mengatakan, tim SAR gabungan menemukan jenazah korban setelah penggalian di kedalaman tiga meteran.

Scroll untuk melihat berita

Tim SAR gabungan sangat berhati-hati saat mengevakuasi jenazah korban Amin dari lokasi penemuan. “Selanjutnya, jenazah dibawa ke rumah duka dan diserahkan kepada pihak keluarga,” ungkap Haris.

Upaya pencarian korban ini sudah dilakukan sejak Rabu (2/11/2022). Sebanyak dua tim SRU (Search and Rescue Unit) terdiri dari puluhan personel melakukan pencarian di 2 sektor. Sektor 1 seluas 15 meter dan sektor 2 seluas 36 meter.

Selain menggunakan alat manual, seperti cangkul dan sekop, upaya juga dilakukan memakai unit Alkon (mesin pompa air) menyedot air dari sumber untuk disemprotkan ke area pencarian.

“Untuk mengooptimalkan upaya pencarian, tim SAR gabungan juga menggunakan kemampuan anjing pelacak dari SAR Dog Malang untuk mendeteksi posisi korban,” ucapnya.

Selama proses pencarian korban berlangsung, ada tim safety officer yang mengawasi tiap sektor pencarian.

Safety officer ini bertugas mengawasi tanda-tanda terjadinya bahaya, seperti pergerakan tanah dan hujan.

“Bila potensi bahaya timbul, maka tim safety officer akan membunyikan sinyal agar seluruh personel di lokasi pencarian segera meninggalkan lokasi demi keselamatan diri,” ungkap Haris.

Keberhasilan pencarian ini berkat kerjasama dari sejumlah pihak, yakni tim BPBD Kabupaten Malang, Basarnas Surabaya, TNI dan Polri, Damkar, PMI, PPMR, Lintamal Rescue, SAR Pakem, SAR MTA, SAR Samudera, SAR Kanjuruhan, SAR Poncokusumo, IOF Rescue, Dirgantara Rescue, warga sekitar dan Tim SAR lain.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *