Publik Service

Jaksa Lemot, 8 Bulan Usut Dugaan Korupsi Jual Beli Obat RSD dr Soebandi

283
×

Jaksa Lemot, 8 Bulan Usut Dugaan Korupsi Jual Beli Obat RSD dr Soebandi

Sebarkan artikel ini
RS Dr Soebandi Jember
RSD. dr. Soebandi Jember

“Jadi karena dia bagian administrasi, dia mempunyai akses seluruh data pasien BPJS Kesehatan, termasuk data resep setiap pasien BPJS Kesehatan obatnya sesuai penyakitnya masing-masing, nah potensi inilah yang dimanfaatkannya, jadi dia mengambil obat atas nama pasien yang terdaftar pada BPJS Kesehatan itu kan sudah tahu tuh pasien itu resep obatnya apa saja, diambil lalu obatnya dijual kepada pasien umum atau non-BPJS Kesehatan dengan harga yang miring,” ungkap sumber beritabangsa.com.

Sejak ID dipindah ke bagian Apotek Rawat Inap, banyak pasien umum yang mencarinya hanya untuk membeli obat karena harganya miring.

Scroll untuk melihat berita

“Mbak ID ke mana, saya ingin membeli obat karena harganya lebih murah,” ucap narasumber Beritabangsa.com menirukan pertanyaan sejumlah pasien kepada pegawai lain.

Tidak hanya satu atau dua pasien umum yang mencarinya, namun sangat banyak. Dari sini pegawai lainnya menaruh curiga, hingga akhirnya ID diminta membuka akses data BPJS Kesehatan itu.

Karuan saja, aksinya terbongkar. ID melakukan praktik illegal selama ini. Setelah dicek oleh pejabat pengendali, diketahui obat-obat itu telah dijual ID. Totalnya sudah mencapai Rp 1 miliar lebih.

Diduga aksi ini telah dilakukan ID yang menempati jabatan itu sejak 2015.

Atas temuan fakta ini pun, lalu para pegawai melaporkan kepada jajaran Direksi RSD dr Soebandi yang kemudian dilakukan audit dan dibuatkan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) akhir Januari 2022. Saat itu, Direktur RSD. dr. Soebandi dijabat dr. Hendro Soelistijono, MM, M.Kes, sedangkan Wakil Direktur bidang SDM dijabat drg. Arief Setyoargo.

Setelah audit tersebut, ID sudah tidak lagi ngantor di Rumah Sakit Daerah ini. Wartawan beritabangsa.com pun berusaha mencari alamat rumah ID, yakni di Perumahan Bumi Tegal Besar BQ nomor 17A.

Wartawan beritabangsa.com mendapati rumah ID tersebut sudah kosong dan tampak tak berpenghuni, Tetangganya membenarkan ID telah meninggalkan rumah tersebut dan memang dibiarkan kosong.

“Sekitar akhir Januari 2022 itu ada truk ngangkut perkakas rumah tangga, dan sejak itu tidak ada lagi mbak ID dan suaminya di rumah ini, biasanya kan keduanya setiap pagi kelihatan berangkat kerja,” kata tetangga ID, Senin 07 Februari 2022 maam.

Lebih lanjut, ia mengaku tidak tahu-menahu kenapa pasangan suami istri pemilik rumah itu pergi. Dia membenarkan jika ID tertutup dengan tetangga sekitar.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *