Ekonomi dan Bisnis

Gubernur Khofifah Ajak IWAPI Percepat Transformasi Digital UMKM Hortikultura

67
×

Gubernur Khofifah Ajak IWAPI Percepat Transformasi Digital UMKM Hortikultura

Sebarkan artikel ini
IWAPI
Gubernur Khofifah menyerahkan Hibah Kedai IWAPI Produktif (KIP) kepada Renny Perempuan Kepala keluarga yang menjadi ojol

BERITABANGSA.COM-GRESIK- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mendorong Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Jatim lebih intensif mempercepat transformasi digital serta hilirisasi UMKM berbasis produk hortikultura.

Dengan begitu UMKM berbasis hortikultura di Jatim segera naik kelas. Data pertanian menyebutkan, Jatim sebagai kontributor nasional sebesar 42 persen produk Mangga, Pisang tercatat 32 persen dari total produksi nasional sekitar 8 juta ton per tahun.

Scroll untuk melihat berita

Bahan baku yang berlimpah menjadi faktor penguat jika mendapat akses pasar eksport serta pola hilirisasi yang tepat.

“Kami berharap IWAPI Jatim dengan jejaring dan mitra kerjanya terus melakukan percepatan transformasi digital serta pengembangan hilirisasi produk hortikultura di Jatim,” ujar Khofifah saat menutup Rakerda DPD IWAPI Jawa Timur, Selasa (23/8) di Warung Apung Rahmawati, Gresik.

Ketua Umum PP Muslimat NU itu mencontohkan, saat ini lahir inovasi baru makanan olahan buah dan sayur. Buah dan sayur bukan saja dibuat keripik tetapi juga kerupuk berbahan dasar buah-buahan dan sayuran. Pelaku UMKM Jatim sangat kreatif dan inovatif. Maka sekarang harus dilakukan percepatan transformasi digital secara lebih masif.

“Kita punya banyak kekayaan hortikultura di Jatim. Karena itu produk hortikultura dapat dikembangkan hilirisasinya. Saya menemukan kerupuk berbahan buah-buahan seperti strawberry dan mangga dari UMKM Jatim. Sungguh unik sekaligus menarik,” contohnya.

“Dengan berbagai pola hilirasasi yang masif bisa menjadi pintu masuk bagi UMKM agar naik kelas. Kembali, akses pasar lebih luas dapat dijangkau dengan percepatan transformasi digital,” tambahnya.

Selain itu, Khofifah juga berharap agar IWAPI Jatim dapat menjadi penggiring UMKM agar turut aktif di format penjualan daring. Ini agar produk-produk UMKM Jawa Timur dapat menjangkau pasar lebih luas dan mengikuti perkembangan digitalisasi.

Dalam penutupan Rakerda I ini, Khofifah turut menyerahkan gerobak kopi Kedai IWAPI Produktif (KIP) kepada pengemudi ojol yang menjadi binaan IWAPI Jatim. Sebelumnya, Khofifah juga menandatangani sertifikat Kedai IWAPI Produktif.

Di akhir, Ketua DPD IWAPI Jawa Timur Susmiati Rahmawati menyampaikan terimakasihnya atas dukungan Pemprov Jatim terhadap IWAPI Jatim. Salah satunya, dengan menjadi bagian dari berbagai misi dagang di Indonesia.

“Kami merasa bersyukur karena mendapat kesempatan bagi IWAPI Jatim untuk mengikuti misi dagang ke berbagai provinsi. Semoga kami dapat mengembangkan usaha dan turut memakmurkan Jatim dengan itu,” tutupnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *