Terkini

Sempat Vakum, Warga Meriahkan Pawai Budaya Pemkab Probolinggo

67
×

Sempat Vakum, Warga Meriahkan Pawai Budaya Pemkab Probolinggo

Sebarkan artikel ini
plt bupati Probolinggo
Plt Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko saat menggelar pakai budaya Sabtu, (20/08/2022)

BERITABANGSA.COM-PROBOLINGGO – Suasana meriah terlihat di jalanan Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Ribuan masyarakat tampak memadati Kota Kraksaan menyambut Kraksaan Pawai Budaya 2022, Sabtu (20/8/2022).

Kraksaan Pawai Budaya 2022 yang mengambil tema “Pelangi Budaya Nusantara” ini mengambil rute sejauh 2,5 km dengan start di depan eks Kantor PMI Kabupaten Probolinggo dan finish di pertigaan jalan depan Gereja Jawi Wetan Kelurahan Sidomukti, Kecamatan Kraksaan.

Scroll untuk melihat berita

Kegiatan ini dilepas secara resmi oleh Plt Bupati Probolinggo , Timbul Prihanjoko didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo , Nunung Timbul Prihanjoko, Forkopimda, dan OPD di Kabupaten Probolinggo.

Ribuan peserta yang tergabung dalam 49 peserta dari kategori OPD, pelajar dan desa/kelurahan menampilkan beragam budaya dan kesenian yang ada di Indonesia. Mulai dari pakaian adat, profesi hingga pakaian pejuang zaman kolonial penjajahan.

Untuk kategori pelajar dan desa/kelurahan akan dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari Dewan Kesenian Kabupaten Probolinggo, Forum CSR dan Pokja Jurnalis Kraksaan. Nantinya tiap kategori akan diambil juara 1, 2 dan 3.

Kraksaan Pawai Budaya 2022 ini diawali dengan Marching Band Gita Wibawa Praja Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Probolinggo. Disusul pasukan pembawa bendera merah putih raksasa sepanjang 30 meter. Kemudian dilanjutkan dengan sejumlah OPD, pelajar hingga desa/kelurahan.

Plt Bupati , Timbul Prihanjoko mengatakan Kraksaan Pawai Budaya ini digelar untuk menggugah masyarakat Kabupaten Probolinggo bahwa di Indonesia ini ada kebhinnekaan.

“Selain itu dalam rangka bagaimana menggairahkan kembali masyarakat setelah 2 tahun terdampak pandemi Covid-19. Ternyata sekarang sudah bisa memulai kegiatan untuk memberikan hiburan kepada masyarakat,” kata Plt dari PDI Perjuangan ini.

Lanjut Timbul, ia mengaku sangat bersyukur karena antusias masyarakat terhadap Kraksaan Pawai Budaya ini sangat besar. Selain itu partisipasi masyarakat juga sangat tinggi.

“Kraksaan Pawai Budaya ini merupakan sebuah kegiatan agar ada relaksasi masyarakat untuk bisa bersama-sama menyambut dengan penuh kegembiraan dalam peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI,” jelasnya.

Dalam kegiatan ini Plt Bupati Timbul hadir mengenakan pakaian adat Gorontalo. “Kita akan menjaga kebhinnekaan di Indonesia. Kita bersama-sama memakai pakaian adat seluruh nusantara dalam rangka menjaga kebhinekaan di Indonesia,” pungkasnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *