Pemerintahan

Kembangkan Desa Digital dan BUMDes, Pemkab Malang Gandeng PT Telkom

65
×

Kembangkan Desa Digital dan BUMDes, Pemkab Malang Gandeng PT Telkom

Sebarkan artikel ini
Bupati Malang
Bupati Malang H.M Sanusi

BERITABANGSA.COM-MALANG – Pemerintah Kabupaten Malang mengembangkan desa digital dan Badan Usaha Milik Desa. Di setiap desa diperlukan jaringan digital yang terintegrasi dengan Pemkab. Untuk itu layanan infrastrukturnya didukung PT. Telkom.

Bupati Malang, HM Sanusi mengatakan, dengan adanya desa digital atau Smart Desa, nantinya PT. Telkom Indonesia Cabang Malang akan memenuhi semua jaringan infrastrukturnya.

Scroll untuk melihat berita

“Kemungkinan nanti PT. Telkom akan mengeluarkan Corporate Social Responsibility (CSR) yang digunakan sebagian untuk infrastruktur. Setelah semua infrastruktur dan arsitektur selesai, untuk pelayanan publik masyarakat bisa mengakses melalu smartphone tapi untuk urusan desa dan Pemkab masih di kantor. Saya minta BumDes bisa memanfaatkan Desa Digital ini untuk memperkenalkan dan mempromosikan potensi yang ada di desanya,” kata Abah biasa disapa saat sosialisasi Desa Digital di Pendapa Agung Kabupaten Malang, Jumat (19/8/2022).

Saat ini layanan digitalisasi yang ada di setiap Organisasi Perangkat Daerah terutama layanan kesehatan yang saat ini memiliki aplikasi 119, pemadam kebakaran dan administrasi kependudukan dapat diakses oleh masyarakat melalui smartphone.

“Di jajaran OPD yang layanannya bisa diakses melalui smartphone ada Dinas Kesehatan, Pemadam Kebakaran, perizinan dan Dispendukcapil, ke depan semua OPD yang memiliki layanan publik wajib memiliki aplikasi yang dapat secara mudah oleh masyarakat,” terang Bupati Malang.

Setelah aplikasi sudah dimiliki semua OPD, kunjungan ke desa – desa akan berkurang karena dengan aplikasi Desa Digital ini apa yang diinginkan desa dapat diketahui dari layanan aplikasi tersebut.

“Nanti para Kepala Dinas sudah tidak repot dan kunjungan ke desa terkurangi karena semuanya bisa diakses pada aplikasi tersebut,” tandasnya.

Untuk perangkat dukungan Desa Digital semuanya disediakan PT. Telkom dan Pemkab Malang menyiapkan sumberdaya manusianya.

“Seluruhnya dari PT. Telkom yang menyediakan sarana dan prasarana Desa Digital ini, kami dari Pemkab Malang menyiapkan SDM, saat ini PT. Telkom juga ditunjuk oleh Pemerintah Pusat untuk menggarap Desa Digital di Ibu Kota Negara yang baru di Kalimantan, dan Pemkab Malang adalah yang kedua untuk penggarapan Desa Digital ini,” beber Abah Sanusi

Bupati Malang menceritakan, saat Presiden RI berkunjung ke Malang beberapa waktu lalu menekankan bahwa Indonesia harus dibangun dari desa, karena desa merupakan garda terdepan Indonesia adalah desa.

“Apabila desa kuat Negara pasti maju, Alhamdulillah program Desa Digital di Kabupaten Malang sebagai proyek pertama setelah IKN,” pungkas H.M Sanusi.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *