Kesehatan

Dalam BIAN, Pemkab Probolinggo Targetkan 75.797 Anak Tervaksin

49
×

Dalam BIAN, Pemkab Probolinggo Targetkan 75.797 Anak Tervaksin

Sebarkan artikel ini
Bupati
Plt Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko saat membuka pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tahun 2022 di MAN 2 Probolinggo di Desa Karanggeger Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo

BERITABANGSA.COM-PROBOLINGGO- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo mulai melakukan pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022. Targetnya, 75.797 anak usia 9-59 bulan harus tuntas divaksin, pada Agustus 2022.

Berdasarkan catatan dinas kesehatan setempat, pelaksanaan BIAN Kabupaten Probolinggo dilaksanakan serentak di 24 kecamatan pada 1 hingga 30 Agustus 2022. Sebetulnya rangkaian kegiatan dari BIAN ini sudah dimulai pada Juli dengan kegiatan Kejar Imunisasi.

Scroll untuk melihat berita

Untuk memenuhi target 75.797 anak usia 9-59 bulan, logistik berupa 91.950 dosis disiapkan untuk MR di Kabupaten Probolinggo di puskesmas dan disimpan di gudang farmasi.

Nantinya, pelaksanaan melibatkan sejumlah 1.320 upaya kesehatan berbasis masyarakat atau biasa dikenal dengan posyandu. Ada 1.320 posyandu yang akan difungsikan sebagai pos pelayanan vaksinasi MR.

Plt Bupati Probolinggo Timbul Probolinggo mengatakan pencanangan BIAN ini menandai dimulainya vaksinasi MR di Kabupaten Probolinggo.

“Dalam hal ini diwakili oleh 500 murid dari Raudhatul Athfal (RA) sebagai kick off untuk anak sebaya dengan harapan bisa menjadi role model bagi orang tua anak sebayanya di seluruh Kabupaten Probolinggo,” kata Plt Bupati dari PDI Perjuangan ini.

Menurut Plt Bupati Timbul pemberian vaksinasi MR ini sangat diperlukan sebagai ikhtiar untuk melindungi anak dari penyebaran penyakit measles (campak) dan rubella (campak Jerman), karena campak bisa menular melalui udara yang terkontaminasi oleh virus.

“Anak yang tidak diberi vaksin MR, bila anak tersebut terkena campak atau rubella, sangat berpotensi menderita radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan, gizi buruk bahkan kematian. Jadi saya harap, orang tua tak ragu lagi terhadap pemberian vaksin mr pada anak ini,” katanya saat pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tahun 2022 di MAN 2 Probolinggo di Desa Karanggeger Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo, Senin (1/8/2022) lalu.

Lebih lanjut Plt Bupati Timbul menerangkan, di Kabupaten Probolinggo, kampanye vaksinasi MR tahun 2017 mendapatkan ranking ke 3 (tiga) di Jawa Timur, sehingga dalam hal ini kita sudah berpengalaman untuk mengelola dan melaksanakan kegiatan vaksinasi MR tersebut.

“Vaksinasi MR yang dimulai hari ini saya targetkan pelaksanaannya bisa selesai pada akhir minggu ke-3 bulan Agustus 2022, dengan target sasaran proyeksi 75.797 anak. Karena kecepatan penyelesaian vaksinasi pada kelompok populasi akan sangat mempengaruhi terbentuknya kekebalan pada kelompok tersebut,” jelasnya.

Plt Bupati Timbul berharap semangat dan dedikasi para tenaga kesehatan sebagai operator lapangan dan para penggerak sasaran, khususnya para kepala sekolah, para guru, para wali murid RA/TK serta orang tua anak usia 9-59 bulan untuk saling bahu-membahu dan saling mendukung guna menyukseskan kegiatan vaksinasi MR ini.

“Kesuksesan pelaksanaan vaksinasi MR di Kabupaten Probolinggo merupakan kesuksesan kita bersama. Selebihnya kekompakan, kebersamaan dan dukungan para tokoh agama, tokoh masyarakat, para pemangku kebijakan serta dukungan seluruh komponen yang ada sangat kami harapkan,” pungkasnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *