Terkini

Arkeolog BPCB Jatim Sebut Benda Kuno Temuan Penggali Kubur Itu Era Majapahit

48
×

Arkeolog BPCB Jatim Sebut Benda Kuno Temuan Penggali Kubur Itu Era Majapahit

Sebarkan artikel ini

BERITABANGSA.COM-JOMBANG – Arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim meneliti benda kuno temuan warga di area makam Dusun Padar Lor, Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Selasa (26/7/2022).

Hasil penelitian BPCB Jatim, benda kuno berupa celupak hingga pecahan gerabah di areal makam itu merupakan benda rumah tangga era kerajaan Majapahit.

Arkeolog BPCB Jatim, Albertus Agung Vidi mengatakan, di sekitar lokasi penemuan benda kuno itu diindikasikan terdapat situs pemukiman. Itu sesuai hasil survei di areal makam didampingi Disdikbud Jombang.

“Temuan itu beragam variasi fragmen dari porselen dan tembikar, didominasi alat-alat rumah tangga,” ujar Albertus Agung Vidi Susanto.

Untuk porselen, ada berbagai masa. Mulai porselen lima dinasti hingga dinasti Qing.

“Bahkan ada porselin Eropa juga. Untuk fragmen tembikar berupa fragmen Anglo, miniatur bangunan dibuktikan miniatur bangunan bagian atap yang bergenteng,” bebernya.

Vidi menambahkan, temuan-temuan itu anehnya ditemukan di tempat yang sama, di tanah kuburan kedalaman satu meter an.

“Melihat temuan di permukaan 1 meter, sehingga belum bisa dipastikan temuan itu se-zaman dengan benda temuan di sekitarnya,” ungkap Vidi.

“Untuk teknologi pembuatannya, temuan lampu gantung itu tidak rapi, terlihat ada cetakan yang meluber tak rapi. Pada fragmen keramik ditemukan kondisi pembakaran yang tidak sempurna,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang, Dian Yunita Sari mengatakan, kedatangan Arkeolog BPCB Jatim merupakan upaya tindaklanjut temuan benda kuno di beberapa titik lokasi di Kabupaten Jombang.

Tak hanya di kuburan saja, Dian menyebut jika terdapat beberapa lokasi ditinjau dan diteliti oleh BPCB Jatim.

“Iya, kedatangan BPCB Jatim ke Jombang ini untuk meninjau temuan benda kuno lainya. Ada beberapa lokasi ditinjau,” tuturnya.

Nantinya hasil penelitian ini akan dikaji terlebih dahulu. Untuk benda tersebut saat ini masih diamankan oleh penemunya.

Sekadar diketahui, warga Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, menemukan benda kuno peninggalan kerajaan Majapahit.

Seorang penggali kubur Tartib, 68, menemukan benda kuno, baik yang masih utuh dan telah pecah di kedalaman satu meter.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *